Sulcha, Amalia Rif'atus (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) biologi berbasis inkuiri untuk membangun keterampilan proses siswa SMA Negeri 5 Malang kelas X semester genap materi ekosistem / Amalia Rif'atus Sulcha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sulcha Amalia Rif atus. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Berbasis Inkuiri untuk Membangun Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 5 Malang Kelas X Semester Genap Materi Ekosistem. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M. Pd (II) Dr. Murni Saptasari M. Si Kata Kunci Lembar kerja siswa LKS inkuiri keterampilan proses ekosistem 12288 12288 12288 12288 Paradigma pendidikan saat ini diarahkan untuk dilaksanakan dengan berorientasi pada siswa (student centered) dengan demikian siswa diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan belajarnya. Dalam pelaksanaannya di sekolah pembelajaran dengan paradigma student centered dapat ditunjang dengan menggunakan LKS yang memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar keterampilan proses serta membantu siswa untuk mencapai standar kompetensi (SK) kompetensi dasar (KD) dan standar kompetensi lulusan (SKL). Berdasarkan hasil observasi SMA Negeri 5 Malang merupakan salah satu sekolah yang memanfaatkan LKS dalam proses belajar mengajarnya tetapi LKS yang digunakan kurang dapat memfasilitasi siswa untuk membangun keterampilan proses secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) biologi yang berbasis inkuiri untuk membangun keterampilan proses siswa SMA Negeri 5 Malang kelas X semester genap materi ekosistem. Metode inkuiri digunakan untuk memudahkan siswa dalam membangun keterampilan prosesnya. 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan LKS menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) dari Thiagarajan (1974). Prosedur pengembangannya dimulai dari tahap define (pendefinisian) kemudian dilanjutkan dengan tahap design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran atau penggunaan LKS pada skala yang luas). Tahap yang dilakukan untuk penelitian ini terbatas sampai tahap develop saja. 12288 12288 12288 12288 Produk hasil pengembangan berupa LKS biologi berbasis inkuiri terbuka untuk materi ekosistem. Hasil validasi oleh ahli pendidikan ahli materi praktisi lapangan dan uji coba kelompok kecil siswa secara berturut-turut adalah 96% 94 2% 93 8% dan 88 6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 93 15% sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Dalam mengembangkan LKS berbasis inkuiri guru atau peneliti lain sebaiknya dapat menyajikan fenomena yang mengandung kesenjangan sehingga memicu siswa untuk dapat membuat rumusan masalah dengan lebih mudah. Selain itu dalam melakukan validasi sebaiknya instrumen penilaian yang digunakan divalidasi terlebih dahulu agar hasil validasi LKS lebih valid. Sosialisasi penggunaan instrumen penilaian untuk mengobservasi kegiatan siswa sebaiknya dilakukan agar guru tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26528 |
Actions (login required)
View Item |