Lazuardy, Ken Izzun Nadhifah (2013) Pengembangan bahan ajar berbahasa Inggris berbasis computer assested instruction pada materi jaringan tumbuhan dan fotosintesis kelas VIII semester 2 SMP Negeri 3 Malang / Ken Izzun Nadhifah Lazuardy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lazuardy Ken Izzun Nadhifah 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbahasa Inggris Berbasis Computer Assisted Instruction Pada Materi Jaringan Tumbuhan dan Fotosintesis Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Prof. Dr. agr. H. Moh. Amin S.Pd. M.Si. Kata kunci Bahan ajar bahasa Inggris CAI Jaringan Tumbuhan Fotosintesis 12288 12288 12288 12288 Peningkatan mutu pendidikan terus digalakkan apalagi menghadapi era globalisasi dengan tingkat kompetisi yang cukup tinggi ini. Pembelajaran dengan penggunaan bahan ajar yang inovatif menjadi penting untuk mengahadapi era ini. SMP Negeri 3 Malang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Interna sional (RSBI) dan penggunaan bahasa Inggris merupakan salah satu tuntutan RSBI. Siswa dan guru bidang studi IPA masih kesulitan dalam pembelajaran berbahasa Inggris. Nilai rerata terendah siswa terdapat pada materi Jarin gan Tumbuhan dan Fotosintesis karena bersifat abstrak. Interaksi antara bahan ajar yang digunakan dengan siswa masih berjalan satu arah. Pengembangan bahan ajar berbahasa Inggris berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) menjadi alter natif bahan ajar yang interaktif menarik melatih kemampuan berbahasa Inggris siswa memudahkan pe nyampaian materi yang abstrak serta didukung oleh fasilitas yang me madai dan bahan ajar ini akan menjadi program nyata untuk pemecahan beberapa masalah tersebut. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbahasa Inggris berbasis CAI pada materi Jaringan Tumbuhan dan Fotosintesis Kelas VIII Seme s-ter 2 SMP Negeri 3 Malang. Pengembangan produk berdasarkan pada model 4-D Thiagarajan (1974) yang meliputi Define Design Develop dan Disseminate dan dilaksanakan sampai tahap Develop. Validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli me dia ahli materi ahli bahasa dan uji keterbacaan di lapangan oleh 20 siswa kelas VIII yang telah menempuh materi tersebut. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar berbahasa Inggris berbasis CAI dikembangkan pada materi Jaringan Tumbuhan dan Fotosintesis. Rerata persentase ahli media sebesar 93 1% ahli materi sebesar 94 9% dan ahli bahasa sebesar 98 3% yang berarti bahan ajar layak dan dapat digunakan untuk uji coba keterbacaan di lapangan. Validasi empirik di lapangan menggunakan 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. Hasil validasi empirik menunjukkan rerata persentase sebesar 91 7% yang berarti bahan ajar yang dikem bangkan layak dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran di kelas. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini antara lain sebaiknya bahan ajar disesuaikan kembali dengan kondisi sekolah jika akan digunakan di sekolah lain diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan bahan ajar ini jika diaplikasikan dalam pembelajaran di dalam kelas jika akan digunakan dalam skala dan sasaran yang lebih luas hendaknya diujicobakan dulu secara bertahap dengan penyesuaian-penyesuaian tertentu sesuai kebutuhan pengguna dan bahan ajar ini dapat dikembangkan pada materi lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26527 |
Actions (login required)
View Item |