Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi sel untuk siswa kelas XI SMAN 7 Malang / Ayuni Adinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi sel untuk siswa kelas XI SMAN 7 Malang / Ayuni Adinda

Adinda, Ayuni (2013) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi sel untuk siswa kelas XI SMAN 7 Malang / Ayuni Adinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adinda Ayuni. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Materi Sel untuk Siswa Kelas XI SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata kunci media pembelajaran multimedia interaktif materi sel Pelaksanaan pembelajaran yang baik hendaknya dikembangkan berdasarkan prinsip pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Pengembangan tersebut diharapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan multistrategi dan multimedia. Sehubungan dengan pertimbangan tersebut mengingat materi sel yang besifat abstrak dan sulit diamati secara langsung serta menjadi kendala bagi siswa untuk memahami materi tersebut. Sebuah alternatif untuk memahami masalah tersebut dapat berupa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis komputer. Media Pembelajaran multimedia interaktif dapat memberikan kesan yang besar mengingat multimedia dapat mengintegrasikan teks grafik gambar animasi dan video. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sel untuk siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Pengembangan produk berdasarkan prosedur pengembangan Borg dan Gall (1983) yang terdiri 10 tahapan pengembangan. Namun pada penelitian ini dibatasi hingga tahap 5 yaitu tahap pelaksanaan revisi terhadap produk utama. Validasi produk dilakukan oleh ahli media ahli materi ahli praktisi lapangan sedangkan uji keterbacaan di lapangan dilakukan oleh 15 siswa kelas XI yang telah mempelajari materi mengenai sel. Rata-rata persentase dari skor akhir yang diberikan oleh ahli media sebesar 89 17% ahli materi sebesar 100% ahli praktisi lapangan sebesar 98 88% dan siswa sebesar 89 75%. Hasil validasi yang telah diperoleh dari para ahli dan siswa menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut peneliti menyarankan agar media pembelajaran ini diteliti lebih lanjut guna diaplikasikan pada pembelajaran di kelas. Selain itu pengaruh produk terhadap motivasi dan hasil belajar siswa juga perlu dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26518

Actions (login required)

View Item View Item