Penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Student Team Achievement Division (STAD) untuk meninghkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malasng / Ayu Fimalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Student Team Achievement Division (STAD) untuk meninghkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malasng / Ayu Fimalasari

Fimalasari, Ayu (2012) Penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Student Team Achievement Division (STAD) untuk meninghkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malasng / Ayu Fimalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Student Team Achievement Division (STAD) motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan observasi di kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa rendah dengan rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa yaitu pada rentangan 65-75 sedangkan siswa yang dapat mencapai KKM hanya sebesar 52%. Kesulitan yang dihadapi guru pada saat pembelajaran adalah kurangnya motivasi belajar siswa sehingga banyak siswa yang cenderung tidak berkonsentrasi dan tidak memperhatikan pada saat penyampaian materi serta minat baca terhadap mata pelajaran Biologi yang masih kurang. Hal tersebut menyebabkan suasana kelas menjadi kurang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar dan materi pelajaran yang seharusnya dikuasai siswa tidak dapat dipahami dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diterapkan pembelajaran GI dipadu dengan STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 semester genap yang berjumlah 31 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru catatan lapangan lembar angket motivasi belajar siswa lembar observasi motivasi belajar siswa soal tes kognitif angket afektif dan rubrik penilaian psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase ketercapaian motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase keseluruhan sebesar 6 12%. Motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket motivasi mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 5 76% dari siklus I ke siklus II sedangkan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi motivasi mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 6 47% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar Biologi siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase peningkatan ii rata-rata nilai kognitif afektif dan psikomotor sebesar 6 26% 4 23% dan 3 52% serta peningkatan ketuntasan belajar kognitif afektif dan psikomotor sebesar 19 35% 12 9% dan 9 68%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran GI dipadu dengan STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Malang pada materi ekskresi dan regulasi. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26452

Actions (login required)

View Item View Item