Variasi morfologi umbi tumbuhan suku Araceae yang terdapat di Pasar Kota Malang / Fika Anugeraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Variasi morfologi umbi tumbuhan suku Araceae yang terdapat di Pasar Kota Malang / Fika Anugeraheni

Anugeraheni, Fika (2012) Variasi morfologi umbi tumbuhan suku Araceae yang terdapat di Pasar Kota Malang / Fika Anugeraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci variasi morfologi umbi Araceae pasar Kota Malang. Araceae terdiri dari 106 marga yang meliputi lebih dari 3.300 spesies. Indonesia merupakan kawasan yang memiliki keanekaragaman paling besar yaitu sekitar 31 marga. Bogor dan Malang terkenal sebagai penghasil kultivar talas yang umbinya memiliki rasa enak. Berdasarkan hasil survei dinyatakan bahwa beberapa jenis umbi anggota suku Araceae yang sering ditemukan di pasar-pasar tradisional Kota Malang yaitu Amorphophallus paeoniifolius (Dennstedt.) Nicolson. Colocasia esculenta (L.) Schot. Xanthosoma sagittifolium L. Xanthosoma nigrum (Vell.) Mansfeld. Umbi tumbuhan suku Araceae yang ditemukan berasal dari daerah berbeda dan sering dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi umbi dan morfologi benda ergastik umbi tumbuhan suku Araceae yang terdapat di pasar Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dan dokumentasi yang mengungkap variasi morfologi umbi tumbuhan suku Araceae dengan obyek penelitian berupa jenis umbi tumbuhan suku Araceae yang ditemukan di pasar Kota Malang. Sampel umbi diambil dari sepuluh pasar di Kota Malang yaitu pasar Dinoyo pasar Oro-Oro Dowo pasar Klojen pasar Mergan pasar Kasin pasar Besar pasar Sukun pasar Kebalen pasar Bunulrejo dan pasar Blimbing. Penelitian dilakukan di laboratorium Botani jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang selama bulan Oktober 2010 - Desember 2011. Penelitian deskriptif eksploratif ini mendeskripsikan morfologi luar meliputi bentuk umbi ukuran umbi (berat panjang keliling dan diameter) warna kulit umbi tebal kulit umbi warna irisan melintang kulit warna daging umbi warna serat umbi permukaan kulit umbi buku dan ruas serta katafil dan morfologi dalam meliputi jumlah sel ukuran sel rongga serta komponen ergastik padat yang terkandung di dalamnya meliputi butir amilum dan kristal kalsium oksalat. Hasil penelitian diperoleh enam jenis umbi tumbuhan suku Araceae yaitu umbi talas mbothe talas bentul kuning talas bentul ungu talas bentul putih talas kutil dan umbi suweg. Enam jenis umbi yang termasuk suku Araceae tersebut berasal dari daerah yang berbeda dan tidak semua ditemukan pada setiap pasar. Umbi tumbuhan suku Araceae selain memiliki perbedaan pada setiap jenisnya juga memiliki persamaan maupun perbedaan pada jenis umbi yang sama. Pada umbi sesama jenis tumbuhan suku Araceae memiliki persamaan morfologi luar selain itu juga memiliki perbedaan morfologi dalam yaitu ukuran dan jumlah sel rongga butir amilum serta kristal Ca oksalat baik di daerah perifer dan tengah pada umbi bagian pangkal tengah maupun ujung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item