Studi keanekaragaman polychaeta di muara sungai Ngapuri Ujung Pangkah Kabupaten Gresik / Dian Rahayu Puji Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi keanekaragaman polychaeta di muara sungai Ngapuri Ujung Pangkah Kabupaten Gresik / Dian Rahayu Puji Astutik

Astutik, Dian Rahayu Puji (2012) Studi keanekaragaman polychaeta di muara sungai Ngapuri Ujung Pangkah Kabupaten Gresik / Dian Rahayu Puji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keanekaragaman Polychaeta Muara Sungai Ngapuri Gresik Muara sungai Ngapuri mengalami banjir setiap tahunnya dengan tingkat abrasi pertahun dapat mencapai 2-3 Ha.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) anggota Polychaeta yang ditemukan di muara sungai Ngapuri 2) nilai indeks keanekaragaman kemerataan dan kekayaan Polychaeta dan 3) faktor abiotik meliputi pH salinitas dan suhu yang mempengaruhi indeks keanekaragaman kemerataan dan kekayaan Polychaeta di muara sungai Ngapuri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dilakukan pada tanggal 19 September 6 Oktober 2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan garis transek yang terbagi menjadi dua kepentingan yaitu transek berdasarkan jarak dari mangrove ke arah laut sebanyak 10 transek dengan jarak 50 m dan 5 plot dengan jarak 20m. Transek berdasarkan jarak dari muara sungai ke arah menjauhi muara sungai sebanyak 5 transek dengan jarak 20m dan 10 plot dengan jarak 50 m. Setiap plot berukuran 1x1 m2 dengan kedalaman 30cm. Lumpur disetiap plot disaring dengan mesh 0 5 mikron dan dilanjutkan identifikasi Polychaeta berdasarkan morfologinya dengan bantuan mikroskop stereo. Data jumlah individu serta faktor abiotik meliputi pH salinitas dan suhu pada saat pengambilan data dianalisis dengan menggunakan anava dan regresi tunggal dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua Familia dari kelas Polychaeta yang ditemukan yaitu Nereidae dan Lumbrineridae. Indeks keanekaragaman besdasarkan garis transek muara sungai berkisar antara 0 0 88 sedangkan indeks kemerataan berkisar 0 0 99 dan indeks kekayaan berkisar 0 0.76. Indeks keanekaragaman berdasarkan garis transek mangrove berkisar antara0.44 0.86 sedangkan indeks kemerataan berkisar 0 63 0 78 dan indeks kekayaan berkisar 0.48 1 04. Faktor abiotik yang paling berpengaruh pada keanekaragaman kemerataan dan kekayaan Polychaeta adalah salinitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item View Item