Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari / Wahyu Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari / Wahyu Kurniasari

Kurniasari, Wahyu (2011) Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari / Wahyu Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci ) Kemampuan Berpikir Pemahaman Konsep. Kondisi pembelajaran di SMA Negeri 1 Singosari masih tergolong pembelajaran yang konvensional dan masih menggunakan strategi yang bertipe teacher centered . Dalam pelaksanaan kegiatan belajar dengan tipe ini kebanyakan kegiatan pembelajaran konvensional berupa ceramah. Dari sini dapat dilihat bahwa keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih belum optimal.. Kondisi seperti ini dapat diperbaiki dengan penggunaan strategi-strategi pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses kegiatan belajar. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Singosari semester genap 2010/2011. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Singosari Kelas XI tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas XI IPA 1 terdiri atas 32 orang sedangkan siswa kelas XI IPA 2 terdiri dari 33 orang. Variabel bebas dalam penelitian adalah metode Pembelajaran yang terdiri atas dua macam yaitu pola PBMP melalui TSTS dan metode pembelajaran konvensional. Variabel terikat dalam penelitian adalah kemampuan berpikir dan pemahaman konsep. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pre test post test. Data kemampuan berpikir dan data pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Anakova Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PBMP TSTS mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa sebesar 10 8% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional. Pembelajaran PBMP TSTS juga mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa sebesar 2 3% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional. Selain itu ada hubungan antara kemampuan berpikir terhadap pemahaman konsep dengan persamaan Y 0 365X 49 891. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PBMP TSTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Biologi. Untuk itu disarankan kepada guru Biologi agar menerapkan pola PBMP melalui pembelajaran kooperatif TSTS karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa. PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) TSTS (Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26399

Actions (login required)

View Item View Item