Stiawan, Iqbal Nur Abianto (2022) Analisis efektivitas branded webtoon Samsung "sera, i'm sorry: welcome to our galaxy" menggunakan epic model / Iqbal Nur Abianto Stiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Webtoon "Sera IS WtOG" merupakan pelopor iklan Samsung berbentuk branded webtoon. Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Webtoon “Sera IS WtOG” sebagai iklan Samsung menggunakan alat ukur EPIC Model A.C Nielsen. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kuantitatif deskriptif. Variabel yang diukur dalam EPIC Model adalah empathy persuasion impact dan communication. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner pada populasi masyarakat Indonesia berusia 14-40 tahun dan telah membaca Webtoon “ Sera IS WtOG” . Kuesioner diuji dengan dua kali pilot test yang pertama pada 10 responden dan yang kedua pada 20 responden. Uji validitas item butir pertanyaan pada pilot test menggunakan Pearson. Setelah semua butir pertanyaan valid maka dilakukan pengumpulan data utama dengan pengambilan sampel sebanyak 40 responden. Data utama selain diuji dengan validitas Bivariate Pearson juga diuji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil analisis menunjukkan bahwa Webtoon “ Sera IS WtOG “ efektif dalam mengiklankan produk Samsung pada dimensi empathy sebesar 4 56 impact sebesar 4 9 dan communication sebesar 4 7 serta cukup efektif dalam persuasion sebesar 4 22 dari skala 0-6. Hal ini dikarenakan Webtoon “Sera IS WtOG” dibuat dengan konsep tokoh ilustrasi teks layout serta warna yang menarik dan jelas sehingga dapat diinterpretasi dengan baik dan dapat mempengaruhi peningkatan pengetahuan Samsung pada pembaca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:35 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263670 |
Actions (login required)
View Item |