Analisis teori komunikasi lasswell pada penerapan maskot cakrawala di konten poster instagram Universitas Negeri Malang / Bobby Aland Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teori komunikasi lasswell pada penerapan maskot cakrawala di konten poster instagram Universitas Negeri Malang / Bobby Aland Pratama

Pratama, Bobby Aland (2022) Analisis teori komunikasi lasswell pada penerapan maskot cakrawala di konten poster instagram Universitas Negeri Malang / Bobby Aland Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Universitas Negeri Malang memiliki Maskot dengan nama ldquo Cakrawala rdquo yang sering diterapkan pada konten poster Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teori komunikasi Lasswell. Penerapan maskot Cakrawala pada konten poster Instagram merupakan bentuk komunikasi visual yang disampaikan komunikator yang menimbulkan dampak tertentu kepada komunikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan Maskot Cakrawala di konten poster Instagram Universitas Negeri Malang terhadap audiens. Peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan pengamatan langsung observasi wawancara mendalam ke Tim Branding Universitas Negeri Malang dan Desainer maskot Cakrawala serta membagikan kuesioner dengan kriteria yaitu audiens dari Instagram Universitas Negeri Malang. Data dianalisis dengan dengan menjabarkan efek dari komunikasi massa dengan teknik reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Who merupakan Universitas Negeri Malang melalui perantara Divisi Tim Branding dan Humas. Says what merupakan maskot Cakrawala diterapkan dengan berbagai pose dan ekspresi sebagai ciri khas dan brand identity Universitas Negeri Malang. In What Channel media yang digunakan adalah poster digital dan disebarkan di sosial media Instagram universitasnegerimalang. To whom Penerima pesan dari penerapan maskot Cakrawala adalah audiens dari akun Instagram universitasnegerimalang. With what effect Dampak kognitif berdampak pada brand identity Universitas Negeri Malang melalui maskot Cakrawala yang dianggap menggemaskan dapat dikenali dan diidentifikasi oleh audiens. Dampak afektif dari penerapan maskot Cakrawala terhadap mayoritas audiens adalah menimbulkan emosi senang dan ceria. Dampak Behavioral dari penerapan Maskot Cakrawala terhadap audiens tidak terlalu berdampak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263656

Actions (login required)

View Item View Item