Pengaruh project based learning yang terintegrasi dengan learning community terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kualitas proposal penelitian pendidikan geografi / Yusuf Suharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning yang terintegrasi dengan learning community terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kualitas proposal penelitian pendidikan geografi / Yusuf Suharto

Suharto, Yusuf Suharto (2021) Pengaruh project based learning yang terintegrasi dengan learning community terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kualitas proposal penelitian pendidikan geografi / Yusuf Suharto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan dalam menyusun proposal penelitian pendidikan dan menyelesaikan tugas akhir wajib dimiliki mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk mencapai kelulusan. Dalam menyusun proposal penelitian mahasiswa harus memperhatikan aspek relevansi urgensi dan kebaharuan yang menuntut mahasiswa harus dapat berpikir kreatif. Permasalahan yang terjadi banyak mahasiswa menghadapi masalah dalam menuntaskan penyusunan proposal penelitiannya terutama disebabkan oleh kemampuan berpikir kreatif mereka yang rata-rata rendah. Sayangnya studi tentang hal ini jarang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning yang terintegrasi dengan Learning Community (PjBL_LC) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kualitas proposal penelitian pendidikan Geografi. Penelitian ini termasuk jenis eksperimen kuasi dengan Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester gasal (5) Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pemilihan sampel untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penelitian ini didasarkan atas nilai rata-rata kelas yang hampir sama atau setara. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol pada dua kelas yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran model Project Based Learning yang terintegrasi dengan Learning Community (PjBL_LC) pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran model konvensional. Data kemampuan berpikir kreatif diambil dari instrumen Torrance berupa soal-soal tes essay yang mengukur kemampuan berpikir kreatif. Data kualitas proposal diperoleh dengan penilaian produk menggunakan pedoman penilaian proposal penelitian. Penelitian dilakukan selama 6 bulan dengan melibatkan 80 mahasiswa dari 2 kelas/offering. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney berbantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil uji statistik dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif dan kualitas proposal penelitian pendidikan geografi antara mahasiswa pada kelas yang menggunakan model PjBL_LC dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Direkomendasikan perkuliahan menerapkan model Project Based Learning_yang terintegrasi dengan Learning Community (PjBL_LC) sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kualitas proposal penelitian pendidikan geografi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263414

Actions (login required)

View Item View Item