Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT terhadap sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi untuk siswa multietnis di SMP Kota Ternate / Ermin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT terhadap sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi untuk siswa multietnis di SMP Kota Ternate / Ermin

Ermin (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT terhadap sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi untuk siswa multietnis di SMP Kota Ternate / Ermin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ermin. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD), Numbering Head Together (NHT) dan STAD+NHT terhadap Sikap Sosial, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Metakognisi, , dan Retensi untuk Siswa Multietnis di SMP Kota Ternate. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (II) Prof. Dr. Abdul Gofur, M.Si. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi, multietnis, Numbering Head Together (NHT), retensi, Student Team Achievement Divisions (STAD), STAD+NHT dan sikap sosial. Pendidikan merupakan suatu sarana untuk dapat mendorong nilai-nilai kebersamaan serta pengetahuan. Nilai-nilai ini belum diberdayakan melalui pendidikan informal, nonformal dan khususnya pendidikan formal. Beberapa hasil penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menekankan pada penyampaian informasi. Paradigma pembelajaran seperti ini tidak bisa lagi dipertahankan, pendidikan seharusnya diarahkan pada pembelajaran interdisiplin, pembelajaran holistik, melatih keterampilan dan sikap siswa. Beberapa fakta referensi membuktikan bahwa sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi siswa belum diberdayakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD, NHT dan perpaduan STAD dipadu NHT terhadap sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi untuk siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimen). Penentuan sekolah dan kelas sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penentuan sampel didahului dengan uji kesetaraan kelas menggunakan data placement tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor. Analisis kesetaraan kelas sampel dilakukan dengan menggunakan analisis varian (Anova). SMP Negeri 2 pada kelas VII berjumlah 18 siswa dan SMP Negeri 3 pada kelas VII berjumlah 18 siswa dan SMP Negeri 7 pada kelas VII-A berjumlah 20 siswa dan SMP Negeri 13 pada kelas VII berjumlah 20 siswa, sehingga jumlah sampel keseluruhan 4 kelas berjumlah 76 siswa. Seluruh sampel siswa terdiri dari etnis Ternate 20, Makian 27, dan Tidore 29 siswa. Selanjutnya setiap kelas sampel mewakili masing-masing model pembelajaran yakni kelas STAD, NHT, STAD dipadu NHT dan kelas konvensional. Instrumen yang digunakan, untuk mengukur sikap sosial menggunakan angket, sedangkan kemampuan berpikir kritis, Keterampilan metakognisi dan retensi menggunakan tes essay. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial analisis kovarian (ANAKOVA) pada taraf signifikansi 0,5%. Jika hasil anakova menunjukan signifikan maka dilanjutkan dengan uji BNT. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas menggunakan Levene Test of Equality of Error Variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD, NHT dan perpaduan STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap sikap sosial siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Etnis berpengaruh terhadap sikap sosial siswa multietnis di SMP Kota Ternate dan Interaksi model pembelajaran dan etnis berpengaruh terhadap sikap sosial siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Model pembelajaran STAD, NHT dan perpaduan STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Etnis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa multietnis di SMP Kota Ternate dan Interaksi model pembelajaran dan etnis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis multietnis di SMP Kota Ternate. Model pembelajaran STAD, NHT dan perpaduan STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Etnis berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa multietnis di SMP Kota Ternate dan Interaksi model pembelajaran dan etnis berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Model pembelajaran STAD, NHT dan perpaduan STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap retensi siswa multietnis di SMP Kota Ternate, Etnis berpengaruh terhadap retensi siswa siswa multietnis di SMP Kota Ternate dan Interaksi model pembelajaran dan etnis berpengaruh terhadap retensi siswa multietnis di SMP Kota Ternate. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa saran yang dapat diajukan oleh peneliti untuk guru dan calon peneliti adalah 1) Model pembelajaran STAD dipadu NHT diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi guru dalam rangka meningkatkan sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi pada siswa khususnya etnis Ternate dan umumnya etnis Makian dan Tidore, 2) Model STAD dipadu NHT dapat diujicobakan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, karena model ini berpotensi dalam meningkatkan sikap sosial, kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan retensi siswa dan 3) hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya, agar dapat mempertimbangkan variabel lain seperti motivasi, keterampilan proses sains maupun pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263382

Actions (login required)

View Item View Item