Usman, Ali (2021) Pengembangan model pembelajaran reads (reading, exploring, answering, discussing, summarizing) dan pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, retensi, dan karakter siswa berkemampuan akademik berbeda di SMA / Ali Usman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran di era globalisasi harus mampu memberdayakan kemampuan berpikir siswa sehingga perlu pemberdayaan keterampilan berpikir dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan berpikir tetapi juga mengembangkan karakter siswa. Penelitian terdahulu melaporkan bahwa pemberdayaan kemampuan berpikir dan karakter dalam proses pembelajaran masih kurang. Rendahnya keterampilan metakognitf, hasil belajar kognitif, retensi dan karakter siswa disebabkan oleh proses pembelajaran tersebut dan tidak adanya penerapan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran READS terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, retensi dan karakter siswa, 2) mengetahui pengaruh kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitf, hasil belajar kognitif, retensi dan karakter siswa, dan 3) mengetahui interaksi keterampilan metakogntif, hasil belajar kognitif, retensi dan karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu; 1) penelitian dan pengembangan model pembelajaran, 2) pengujian model dengan Pendekatan R&D dan evaluasi produk menggunakan kuasi eksperimen. Pengembangan model pembelajran mengacu pada prosedur pengembangan learning development cycle (LDC) oleh Siemens (2005). Pengembangan perangkat mengacu pada model 4D dari Thiagarajan (1974). Hasil dari pengembangan diperoleh model pembelajaran READS beserta perangkat pembelajaran yang valid. Desain penelitian kuasi eksperimen yaitu Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design (Beaumont, 2009). Data yang dikumpulkan dalam penelitian kuasi adalah keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, retensi dan karakter siswa dari 206 siswa SMA. Keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi diukur dengan menggunakan soal tes terintegrasi. Keterampilan metakognitif diukur dengan menggunakan rubrik Corebima (2009), hasil belajar kognitif dan retensi diukur dengan menggunakan rubrik hasil belajar kognitif. Karakter di ukur menggunakan angket inventori karakter. Data Keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan karakter dikumpulkan melalui pretest dan posttest, sementara data retensi dikumpulkan satu minggu setelah pelaksanaan posttest. Data dianalisis yang dilakukan yakni uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran READS valid. Hasil penelitian kuasi meliputi; 1) ada pengaruh signifikan model pembelajaran, kemampuan akademik dan interaksi model pembelajaran dengan KA terhadap keterampilan metakognitif siswa. 2) ada pengaruh signifikan model pembelajaran, kemampuan akademik dan interaksi model pembelajaran dengan KA terhadap hasil belajar kognitif siswa. 3) ada pengaruh signifikan model pembelajaran, kemampuan akademik dan interaksi model pembelajaran dengan KA terhadap keterampilan retensi. 4) ada pengaruh signifikan model pembelajaran, kemampuan akademik dan interaksi model pembelajaran dengan KA terhadap karakter siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni 1) model pembelajaran READS berpengaruh terhadap keterampilan metakogntif, kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan metakogntif, dan interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan metakogntif, 2) model pembelajaran READS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, kemampuan akademik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, dan interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, 3) model pembelajaran READS berpengaruh terhadap retensi, kemampuan akademik berpengaruh terhadap retensi, dan interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap retensi, 4) model pembelajaran READS berpengaruh terhadap karakter, kemampuan akademik berpengaruh terhadap karakter, dan interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap karakter. Berdasarkan hasil penelitian maka penelitian merekomendasikan model pembelajaran READS juga perlu dilakukan penilaian terhadap kemampuan berpikir siswa yang lain seperi; kesadaran metakognitif, berpikir kritis, dan juga terhadap jenis kelamin. Model pembelajaran READS juga perlu digabungkan dengan pembelajaran yang berbasis e-learning agar semua tugas-tugas pada setiap siswa dapat terekam dengan baik. Model pembelajaran READS juga perlu diterapkan pada jenjang kelas yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |