Pengaruh model problem Oriented Project Based Learning terintegrasi Stad terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses Sains, dan Retensi siswa pada pelajaran biologi di SMA Negeri Sumbawa / Supratman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem Oriented Project Based Learning terintegrasi Stad terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses Sains, dan Retensi siswa pada pelajaran biologi di SMA Negeri Sumbawa / Supratman

Supratman (2021) Pengaruh model problem Oriented Project Based Learning terintegrasi Stad terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses Sains, dan Retensi siswa pada pelajaran biologi di SMA Negeri Sumbawa / Supratman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini didasarkan pada pentingnya memberdayakan keterampilan Abad 21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains maupun retensi siswa dalam pembelajaran. Berbagai hasil penelitian melaporkan bahwa keterampilan yang disebutkan di atas selama ini belum diberdayakan secara optimal. Hal ini dibuktikan dari berbagai hasil penelitian di Indonesia khususnya pada jenjang sekolah menengah (SMA) menunjukkan bahwa pemberdayaan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains maupun retensi siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Problem Oriented Project Based Learning terintegrasi Student Team Achievement Division (POPBLSTAD) pada keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains dan retensi siswa SMA Negeri di Sumbawa. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu (1) penelitian pengembangan, (2) penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang dimodifikasi menjadi empat tahapan yaitu (1) investigasi awal, (2) perancangan, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi. Rancangan penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Sumbawa pada kelas X MIA semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling pada kelas yang telah melalui uji kesetaraan. Penentuan kelas dilakukan di awal dengan terlebih dahulu memberikan placement test untuk mengetahui kemampuan akademik siswa dalam menentukan kelas penelitian. Jumlah kelas yang dijadikan sampel adalah 4 kelas yaitu kelas X MIA 1 SMAN Moyo Hulu dengan menggunakan model POPBLSTAD, siswa kelas X MIA 2 SMAN Moyo Utara dengan model POPBL, siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Lape dibelajarkan dengan model STAD dan kelas X MIA 1 SMAN 1 Alas menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan, untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan retensi siswa yaitu menggunakan tes essay sedangkan untuk mengukur keterampilan proses sains menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji levene’s Test of Equality of Error Variances untuk mengetahui homogenitas data penelitian. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa model POPBLSTAD telah dinyatakan valid dengan nilai (3.44) sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal yang sama pada perangkat pembelajaran yang digunakan telah melalui proses validasi ahli dan dinyatakan valid. Nilai validasi silabus (3,50), rencana pelaksanaan pembelajaran (3.47), dan lembar kerja siswa (3,46). Hasil uji kepraktisan dengan melihat tingkat keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan telah terlaksana dengan baik dengan nilai keterlaksanaan sintaks model POPBLSTAD sebesar 92,67%, model POPBL sebesar 89,09%, model STAD sebesar 88,75%, dan pembelajaran konvensional sebesar 86,25%. Hasil penelitian kuasi eksperimen menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains, dan retensi siswa. Hasil uji ANACOVA menunjukkan bahwa nilai F hitung perlakuan model pembelajaran pada keterampilan berpikir kritis sebesar 44,920 dengan p-value 0,000, pada berpikir kreatif nilai F hitung 45,979 p-value 0,000, keterampilan proses sains memiliki nilai F hitung 67,199 p-value 0,000 dan nilai F hitung pada retensi sebesar 261,974 p-value 0,000. Nilai p-value keempat variabel 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti hipotesis H0, untuk keempat variabel tersebut pada keempat kelas ditolak sedangkan hipotesis penelitian diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model POPBLSTAD, POPBL, dan STAD terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, proses sains, dan retensi siswa pada pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa model POPBLSTAD dan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains maupun retensi siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi salah satu rekomendasi bagi guru maupun dosen untuk dapat diimplementasikan dalam rangka meningkatkan keterampilan Abad 21. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya, agar mempertimbangkan variabel lainnya seperti keterampilan pemecahan masalah, creativity, penalaran ilmiah, maupun metakognitif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263377

Actions (login required)

View Item View Item