Pengembangan bahan ajar matakuliah zoologi invertebrata berbasis pjbl dan potensi lokal serta pengaruhnya terhadap pemahaman konsep, keterampilan proses ilmiah dan sikap mahasiswa pendidikan biologi jpmipa fkip universitas bengkulu / Abas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matakuliah zoologi invertebrata berbasis pjbl dan potensi lokal serta pengaruhnya terhadap pemahaman konsep, keterampilan proses ilmiah dan sikap mahasiswa pendidikan biologi jpmipa fkip universitas bengkulu / Abas

Abas (2020) Pengembangan bahan ajar matakuliah zoologi invertebrata berbasis pjbl dan potensi lokal serta pengaruhnya terhadap pemahaman konsep, keterampilan proses ilmiah dan sikap mahasiswa pendidikan biologi jpmipa fkip universitas bengkulu / Abas. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan pembelajaran di Perguruan Tinggi dilakukan untuk menyiapkan lulusan yang kompeten dan kompetensinya diperlukan dimasyarakat era evolusi industri 4.0. Namun kecenderungan yang terjadi pada kondisi pembelajaran di Perguguran Tinggi sebagian masih belum menyiapkan kompetensi yang seharusnya. Salah satunya adalah kondisi pembelajaran yang berlangsung selama ini di Universitas Bengkulu berupaya merealisasikan tuntutan kebutuhan masyarakat. Zoologi Invertebrata adalah salah satu mata kuliah yang diharapkan mampu membekali lulusan Perguruan Tinggi yang kompeten dan dibutuhkan kompetensinya. Namun sejumlah faktor diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar mata kuliah ini antara lain kurangnya mahasiswa dalam membangun pengetahuan secara bermakna (self literacy ) kurang berkembangnya keterampilan intelektual mahasiswa ( keterampilan proses ilmiah ) kurangnya rasa percaya diri dan kerjasama (self efficacy) belum tersedianya bahan ajar yang mendukung untuk melatih dan mengembangkan keterampilan proses ilmiah dan sikap ilmiah. Maka dari itu diajukan solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini adalah melalui pengembangan bahan ajar berbasis model PjBL. Penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berbasis model PjBL dan menganalisis efektifitas penggunaan bahan ajar berbasis model PjBL untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep keterampilan proses Ilmiah dan sikap ilmiah mahasiswa. Bahan ajar berbasis PjBL ini dikembangkan menggunakan desain model 4D yang dilakukan melalui tahap design develop implement dan evaluate. Alasan pemilihan model pengembangan ini karena konsep yang diberikan sederhana bersifat sistematis dan memberikan banyak ptunjuk dalam proses pengembangan suatu produk pembelajaran. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil uji kelayakan oleh sejumlah ahli bahan ajar dan perangkat pembelajaran Zoologi Invertebrata termasuk kategori bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang sangat layak dapat digunakan dengan rata-rata sejumlah 95 98 dan 96 72. Hasil analisis statistik deskriptif menjelaskan bahwa model PjLB berpengaruh besar terhadap keterampilan proses ilmiah dan berpengaruh sedang terhadap sikap ilmiah. model PjBL sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep. Hasil uji statistik inferensial menjelaskan bahwa model PjLB berpengaruh signifikan terhadap sikap keterampilaan proses Ilmiah dan pemahaman konsep. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Kesimpulannya penelitian pengembangan bahan ajar berbasis PjBL ini hasilnya sangat layak digunakan dalam pembelajaran Zoologi Invertebrata dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep keterampilan proses ilmiah dan sikap mahasiswa. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263368

Actions (login required)

View Item View Item