Magang pekerja informal di sektor jasa Konstruksi (Studi Etnografi di Yayasan Bhakti Al-Mizan Mulia kabupaten Blitar) / Lasi Purwito - Repositori Universitas Negeri Malang

Magang pekerja informal di sektor jasa Konstruksi (Studi Etnografi di Yayasan Bhakti Al-Mizan Mulia kabupaten Blitar) / Lasi Purwito

Purwito, Lasi (2021) Magang pekerja informal di sektor jasa Konstruksi (Studi Etnografi di Yayasan Bhakti Al-Mizan Mulia kabupaten Blitar) / Lasi Purwito. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Magang merupakan salah satu bentuk pembelajaran di jalur pendidikan luar sekolah yang berlandaskan pada prinsip belajar dan bekerja. Magang dapat dilakukan di berbagai tempat dan situasi seperti lingkungan kerja salah satunya bagi para pekerja informal. Tujuan penelitan ini untuk mengkaji magang pada pekerja informal di sektor jasa konstruksi yang ditinjau dari nilai-nilai budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi etnografi. Lokasi penelitian ini di Yayasan Bhakti Al-Mizan Mulia Kabupaten Blitar Jawa Timur. Informan pada penelitian ini adalah mandor kepala tukang tukang pembantu tukang dan kuli. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Spradley. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) magang dilaksanakan dalam setting pembelajaran informal yang melibatkan mandor sebagai pengawas kepala tukang sebagai instruktur dan tenaga kerja konstruksi (tukang pembantu tukang dan kuli) sebagai pemagang (2) proses pembelajaran magang bersifat fleksibel dengan muatan nilai-nilai budaya Jawa di dalamnya. Magang menerapkan model learning by doing yang menitikberatkan pada keaktifan pemagang. Selama pembelajaran tenaga kerja secara tidak sadar telah melalui proses belajar namun mereka aktif dalam mengembangkan kompetensinya melalui observasi diskusi dan praktik (3) Hasil yang diperoleh dari magang adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang konstruksi bangunan. Nilai kebudayaan dalam proses pembelajaran turut membentuk sikap atau karakter pekerja sebagai pribadi yang beretika sederhana patuh tanggung jawab pekerja keras dan berdedikasi tinggi serta menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai agama. Pembentukan karakter tersebut mendorong perubahan sikap lain yang ditandai dengan peningkatan profesionalitas ketepatan ketangkasan kebersihan kerapian dan kemandirian. Dengan demikian magang tidak hanya mengembangkan hard skills melainkan juga soft skills atau interpersonal skills. Saran dari penelitian ini ditujukan kepada (1) Yayasan Bhakti Al-Mizan Mulia dapat menciptakan susana kerja yang kondusif agar produktifitas kerja meningkat dan suasana belajar magang nyaman (2) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi memberikan kesempatan peningkatan kompetensi bagi para pekerja informal salah satunya jasa konstruksi serta memberikan rekomendasi terhadap penyelenggaraan magang yang dapat dilaksanakan dalam setting pembelajaran informal serta (3) Peneliti selanjutnya disarankan memperluas konsepsi tentang magang sebagai salah satu program vokasi yang menjadi bagian dari bidang pendidikan luar sekolah selain itu dapat mengembangkan penelitian terkait magang dengan sasaran atau lokasi penelitian lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263299

Actions (login required)

View Item View Item