Pengembangan multimedia interaktif tentang situs candi untuk Kelas IV SDN Karangtengah 1 / Tyas Hanifatul Zada - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif tentang situs candi untuk Kelas IV SDN Karangtengah 1 / Tyas Hanifatul Zada

Zada, Tyas Hanifatul (2022) Pengembangan multimedia interaktif tentang situs candi untuk Kelas IV SDN Karangtengah 1 / Tyas Hanifatul Zada. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa yang memiliki usia 6-12 tahun yaitu siswa sekolah dasar memasuki tahapan belajar operasional konkret oleh karena itu media dalam pembelajaran ialah unsur yang penting diaplikasikan pendidik dalam membantu proses berpikir siswa. Materi yang bersifat abstrak akan menjadi lebih nyata dengan memanfaatkan media dalam pembelajaran dan siswa dapat melihat fenomena yang sulit dialami secara langsung. Penerapan media pembelajaran tentunya harus kreatif agar siswa bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil observasi dan wawancara di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar adalah adanya kendala yang dihadapi banyak siswa yang tidak mengetahui bahwa di kabupaten Blitar terdapat beberapa situs budaya candi antara lain Candi Tapes Plumbangan Rambut Monte Kotes Sawentar Wringin Branjang Penataran Kelicilik Gambar Wetan Simping Sumber Nanas. Sekolah memiliki computer proyektor dan LCD tetapi tidak pernah menggunakan dan hanya digunakan ketika pembelajaran TIK. Tujuan penelitian dan pengembangan ini ialah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid menarik dan efektif tentang situs candi di Blitar untuk kelas IV SDN Karangtengah 1. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar dengan menggunakan model ADDIE. Model ini memiliki tahapan yaitu menganalisis merancang mengembangkan mengimplementasi dan mengevaluasi.Produk yang dihasilkan berupa aplikasi multimedia interaktif tentang situs candi di Blitar. Multimedia interaktif dapat di install melalui Laptop maupun Android. Proses tahapan uji coba produk menunjukkan hasil skor total presentase kevalidan yang diperoleh dari ahli materi sebesar 92% masuk pada kriteria sangat valid. Hasil data kevalidan dari ahli media sebesar 86 36% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari uji kemenarikan yang diperoleh dari respon guru mencapai 87 5% dan siswa mencapai 86 92% diperoleh skor total sebesar 487 dengan rata rata persentase 87 21% kriteria sangat menarik. Uji coba lapangan dilakukan untuk mengetahui keefektifan produk yang diambil dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil Pretest siswa mencapai rata-rata54 30 dengan persentase 53 30%. Hasil Post-Test mencapai rata-rata 79 30 dengan persentase 79 30%. Kesimpulannya hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan hasil Post-Test mencapai kriteria efektif. Sebagai saran yang perlu menjadi perhatian dalam penelitian dan pengembangan selanjutnya yaitu muatan materi pada multimedia interaktif ini hanya mencakup materi di lingkungan Blitar untuk mengenalkan situs candi di daerah tempat tinggal siswa sehingga masih dapat dikembangkan dalam bentuk multimedia interaktif serupa tetapi muatan pembalajaran yang luas sesuai budaya serta lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 00:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263164

Actions (login required)

View Item View Item