Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kediri / Maulida Nuril Mala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kediri / Maulida Nuril Mala

Mala, Maulida Nuril (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kediri / Maulida Nuril Mala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan pada pembelajaran era 4.0. rendahnya berpikir kritis ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar pada materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam. Selain itu minat pada mata pelajaran geografi tergolong rendah hal itu disebabkan dari pelaksanaan model pembelajaran yang kurang variatif. Guna meningkatkan minat berpikir kritis diperlukan impelemnetasi model inkuiri terbimbing sesuai dengan materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini meliputi 1. Mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kediri 2. Mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu berbantuan pretest dan posttest. Variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah model inkuiri terbimbing sebagai variabel bebas dan minat belajar geografi serta kemampuan berpikir kritis ialah variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS B dan IPS D SMAN 1 Kediri dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Prosedur pengumpuln data meliputi teknik pengumpulan data berpikir kritis yang diambil menggunakan soal essay sedangkan pada minat menggunakan angket uji instrument yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan ialah uji Anova (Analys of Varian) One-Way dengan menggunakan uji f melalui uji prasarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan bantuan analisis SPSS for Windows didapatkan hasil bahwa 1) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap minat belajar geografi siswa karena saat proses diskusi siswa terbangkitkan minat belajarnya 2) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas hal ini disebabkan dari proses pembelajaran inkuiri terbimbing yang dimulai dari merumuskan masalah mengumpulkan data membuat kesimpulan mampu melatih berpikir kritis. Saran dalam penelitian ini ialah agar pembelajaran geografi semakin baik guna menigkatkan minat dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah diharapkan menganjurkan guru untuk menerapkan model inkuiri terbimbing serta guru mengimplementasikan dengan baik sesuai sintaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263132

Actions (login required)

View Item View Item