Prasetyo, Moch Adi (2021) Pembelajaran online dan tatap muka terbatas mapel PJOK berbasis portofolio aspek psikomotor semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada siswa SMP Kota Malang / Moch Adi Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tingginya kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia mendorong Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan beberapa kebijakan yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan yang dikeluarkan tersebut memberikan dampak signifikan kepada pembatasan kegiatan masyarakat. Pembatasan inilah yang mengakibatkan terjadinya peralihan belajar dari konvensional ke pembelajaran daring. Dampak pembelajaran online dan tatap muka terbatas pada guru dan peserta didik yakni tidak dapat melaksanakan aktivitas gerak sesuai tujuan PJOK secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keterlaksanaan pembelajaran PJOK secara online dan PTMT berbasis portofolio semester ganjil tahun 2021/2022 di SMPK Frateran SMPN 15 SMPN 20 dan SMPN 30 Malang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif populasi sebanyak 606 siswa dan sampel 211 siswa diambil dengan cara purposive cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen non tes yakni angket yang terdiri dari 41 pertanyaan dengan menggunakan validitas isi dan reliabilitas instrumen sebesar 0.97 yang disebarkan melalui google formulir kepada sejumlah sampel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa KD bola besar merupakan tugas paling banyak diberikan dan dikerjakan siswa yakni 82.70% KD atletik 78.79% KD pencak silat dan KD kebugaran jasmani 76.66% dan KD bola kecil 76.30%. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh peneliti dari keseluruhan KD yang diberikan sebagai bentuk penugasan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Para siswa mampu melaksanakan tugas gerak yang diberikan karena diberikan kebebasan untuk mengerjakan tugas. Meski demikian tidak sedikit pula para siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan alasan ketersediaan akses yang dilatarbelakangi oleh kondisi keluarga. Simpulan dari penelitian ini (1) Tugas gerak dari keseluruhan Kompetensi Dasar (KD) selama 1 semester yakni bola besar bola kecil atletik pencak silat dan kebugaran jasmani ditugaskan oleh guru kepada siswa dan dikerjakan oleh siswa selama pembelajaran online dan tatap muka terbatas dengan baik di setiap sekolah. (2) Tugas gerak yang diberikan oleh guru kepada siswa efektif dilakukan selama pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka terbatas sebagai alternatif pemecahan masalah sebagai dampak kebijakan selama pandemi Covid-19 namun tidak efektif dilakukan pada saat pembelajaran normal. (3) Tugas gerak yang diberikan hanya sebatas kontrol gerak untuk menjaga kebugaran jasmani belum menyentuh pada gerak spesifik sesuai tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi PJOK di Sekolah. Sehingga tujuan pembelajaran PJOK yang sesungguhnya belum tercapai akibat pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka terbatas. (4) Keberhasilan pembelajaran PJOK yang dilakukan secara online dan tatap muka terbatas dipengaruhi oleh faktor utama yakni ketersediaan sarana dan prasarana yang ditunjang latar belakang penghasilan orang tua dan lingkungan tempat tinggal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |