Mentari, Febiana Putri (2022) Analisis proses pembelajaran online untuk mahasiswa pendidikan kejuruan selama pandemi di universitas negeri malang / Febiana Putri Mentari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran dikatakan efektif apabila mahasiswa dan dosen berperan secara aktif baik secara fisik mental ataupun sosial. Namun karena adanya Covid-19 menyebabkan seluruh kegiatan dihentikan termasuk dalam bidang pendidikan. Pada tanggal 17 Maret Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Kegiatan pembelajaran yang seluruhnya dilaksanakan secara online juga terjadi pada mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2020/2021. Pada pelaksanaan pembelajaran online selama pandemi yang seluruhnya dilakukan secara online masih terdapat kendala seperti server yang error. Kendala yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran daring akan mengakibatkan pembelajaran kurang optimal dan menjadi tidak efektif. Untuk mencapai konsep pembelajaran yang efektif dan efisien dosen amp mahasiswa harus mempunyai hubungan timbal balik untuk mencapai tujuan bersama kebutuhan untuk penyesuaian lingkungan belajar keadaan lingkungan kampus tempat dan infrastruktur. Selain kendala juga terdapat terdapat kemudahan pada penggunaan SIPEJAR sebagai media pembelajaran online yaitu kemudahan dalam mengakses materi yang diberikan oleh dosen. Sehingga dengan penelitian ini peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan proses pembelajaran online yang dilakukan oleh mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang selama pandemi tentang respon mahasiswa efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran online selama pandemi. Kemudian memberikan rekomendasi yang sebaikanya dilakukan untuk pembelajaran dimasa new normal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengikuti pembelajaran online selama pandemi. Sampel penelitian yakni sampel seluruh populasi penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa angket kemudian dikonversi ke Google Formulir. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajarn online di Program Studi Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang selama pandemi Covid-19 dikategorikan sangat positif dengan persentase 4% atau 2 mahasiswa kategori positif 28% atau 14 mahasiswa kategori sedang 40% atau 20 mahasiswa kategori negatif 18% atau 9 mahasiswa dan kategori sangat negatif 10% atau 5 mahasiswa. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa sebagian proses pembelajaran online di Program Studi Pendidikan Kejuruan selama pandemi dinyatakan dalam kategori sedang artinya belum sepenuhnya merasa bahwa proses pembelajaran online ini berjalan dengan baik. Rekomendasi dari temuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online di masa new normal untuk Universitas dan juga dosen dapat dilakukan dengan lima cara yang pertama adalah platform yang digunakan terjadwal dengan baik sehingga tidak terjadi masalah saat pembelajaran online berlangsung. Kedua materi yang diberikan oleh dosen lebih menarik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga mahasiswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran online. Ketiga untuk pemberian kuota internet dari kampus sebaiknya lebih merata karena ada sebagian mahasiswa yang tidak mendapatkan kuota gratis tersebut meskipun sudah memberikan data yang sesuai. Keempat menerapkan metode ice-breaking. Kelima dosen memberikan respon ketika mahasiswa bertanya meskipun diluar pembelajaran online. Sehingga mahasiswa bisa memahami dengan baik dan benar dari materi yang diberikan. Sedangkan rekomendasi temuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online di masa new normal yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa yang pertama adalah meentukan target. Kedua menggunakan kuota internet bersama agar lebih hemat. Ketiga apabila merasa terganggu dengan lingkungan belajar yang ramai pada siang hari mahasiswa bisa mencoba untuk belajar pada malam hari ketika orang lain sedang beristirahat dan tidak beraktifitas. Keempat bergabung dengan grup belajar gratis yang ada di social media sebagai sumber belajar gratis. Kelima mengikuti kursus gratis. Terakhir mahasiswa bisa mengikuti tutorial-tutorial yang ada di internet apabila merasa kesulitan dengan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |