Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah melalui pembelajaran argument driven inquiry dengan e-scaffolding secara daring pada materi suhu dan kalor / Husen Jauwad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah melalui pembelajaran argument driven inquiry dengan e-scaffolding secara daring pada materi suhu dan kalor / Husen Jauwad

Jauwad, Husen (2022) Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah melalui pembelajaran argument driven inquiry dengan e-scaffolding secara daring pada materi suhu dan kalor / Husen Jauwad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama pandemi covid-19 perubahan keberlangsungan pembelajaran dari tatap muka di kelas menjadi daring secara instan menyebabkan kendala proses belajar mengajar bagi peserta didik maupun guru. Hal tersebut tentu akan berdampak pada penguasaan konsep peserta didik dalam pembelajaran fisika. sehingga diperlukan strategi pembelajaran online yang dapat mengoptimalkan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah. E-scaffolding prosedural pada pembelajaran argument-driven inquiry secara daring dirancang dengan tujuan peserta didik dapat mengoptimlkan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mempelajari dan menguji perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah kelompok peserta didik yang diajar dengan mengombinasikan pembelajaran argument-driven inquiry secara daring dengan e-scaffolding prosedural dan pembelajaran argument-driven inquiry secara daring. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method jenis explanatory sequential design. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental pretest-posttest control design dengan teknik cluster random sampling. Penelitian kuantitatif dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan penelitian kualitatif dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-scaffolding prosedural dapat membantu peserta didik untuk menguasai konsep dan melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah secara daring. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang dibedakan menjadi satu kelas eksperimen ADIES dan satu kelas kontrol ADI. Instrument penelitian terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) E-scaffolding prosedural dalam google doc tes penguasaan konsep dan tes kemampuan argumentasi ilmiah. Instrumen tes penguasaan konsep terdiri dari 20 soal pilihan ganda dengan koefisien reliabilitas 0 89 sedangkan instrumen kemampuan argumentasi ilmiah terdiri dari 10 soal uraian singkat dengan koefisien reliabilitas 0 72. Pembelajaran dilakukan secara daring sehingga data dikumpulkan menggunakan bantuan google classroom. Selanjutnya data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang kemampuan argumentasi ilmiah antara kelas kontrol ADI dan kelas eksperimen ADIES tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan penguasaan konsep antara kelas ADI dan ADIES. Kemampuan argumentasi ilmiah kelas ADIES lebih baik dari kelas ADI dikarenakan adanya intervensi e-scaffolding prosedural dalam pembelajaran. Hal ini diperkuat melalui penelitian kualitatif yang menunjukkan bahwa e-scaffolding prosedural pada eLKPD membantu peserta didik dalam menguasai konsep dan menyusun argumentasi ilmiah pada kelas eksperimen. Saat terdapat kesulitan pengerjaan pada eLKPD peserta didik memanfaatkan E-scaffolding prosedural dengan menggunakan live chat atau melalui google meet saat jam aktif dan comment pada google doc saat diluar jam pembelajaran. E-scaffolding prosedural menuntun langkah yang harus dilakukan peserta didik dalam menghadapi kendala dalam menyelesaikan eLKPD. Adapun faktor yang menyebabkan tidak ditemukannya perbedaan rata-rata penguasaan konsep antara kelas ADI dan ADIES adalah e-scaffolding prosedural pada LKPD lebih fokus kepada penyusunan argument.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263044

Actions (login required)

View Item View Item