Pengaruh pembelajaran conceptual problem solving dengan scaffolding melalui contrasting cases terhadap kemampuan pemecahan masalah pada topik teori kinetik gas dengan mengontrol pengetahuan awal / Riski Fitri Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran conceptual problem solving dengan scaffolding melalui contrasting cases terhadap kemampuan pemecahan masalah pada topik teori kinetik gas dengan mengontrol pengetahuan awal / Riski Fitri Damayanti

Damayanti, Riski Fitri (2022) Pengaruh pembelajaran conceptual problem solving dengan scaffolding melalui contrasting cases terhadap kemampuan pemecahan masalah pada topik teori kinetik gas dengan mengontrol pengetahuan awal / Riski Fitri Damayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kompetensi inti yang diperlukan siswa dalam sains termasuk fisika. Salah satu tujuan pembelajaran fisika di tingkat universitas adalah memecahkan masalah. Selain itu pemecahan masalah juga digunakan pendidik fisika sebagai metode pembelajaran fisika dan asesmen atas konsep yang telah dipelajari. Pengembangan kemampuan pemecahan perlu dikembangkan karena beberapa penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Salah satu pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa menguasai kemampuan pemecahan masalah siswa adalah pembelajaran CPS dengan scaffolding melalui contrasting cases. Penelitian yang telah dilakukan belum banyak yang mengkaji bagaimana mengintegrasikan scaffolding dan contrasting cases dalam pembelajaran CPS. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CPS dengan scaffolding melalui contrasting cases terhadap pemecahan masalah peserta didik pada materi kinetik gas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Batuan dan dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen terdiri dari dua puluh tiga peserta didik XI MIA 1 dan kelas kontrol terdiri dari dua puluh peserta didik XI MIA 3. Peserta didik kelas eksperimen belajar dengan CPS dengan scaffolding melalui contrasting cases sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal uraian pemecahan masalah dengan nilai reliabilitas 0 642. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest. Uji hipotesis dilakukan menggunakan melalui ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang diberikan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai signifikansi pengaruh pembelajaran CPS dengan scaffolding melalui contrasting cases terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0 000 (p lt 0 05) yang berarti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran CPS dengan scaffolding melalui contrasting cases dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Scaffolding berisi bantuan yang diberikan membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dan menuntun mereka secara bertahap dalam memahami konsep. Sedangkan contrasting cases memberikan jembatan pengetahuan melalui kasus-kasus yang berbeda dalam satu konteks yang sama dan menstimulasi peserta didik untuk memecahkan kasus-kasus tersebut yang semula hanya menganalisis permasalahan dibagian permukaan saja (novice) menjadi expert. Seringnya kegiatan seperti ini membuat kemampuan pemecahan masalah meningkat. Saran untuk guru adalah dapat menggunakan pembelajaran untuk materi pembelajaran CPS dengan scaffolding melalui contrasting cases lain yang sesuai dengan memperhatikan alokasi waktu dan selalu mendampingi peserta didik terutama pada saat mengakses scaffolding.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263037

Actions (login required)

View Item View Item