Utami, Laily Wijayanti (2021) Kesulitan peserta didik kelas xi sma dalam menyelesaikan masalah program linear pada pembelajaran daring dan pemberian scaffoldingnya / Laily Wijayanti Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah program linear pada pembelajaran daring. Salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan masalah program linear yaitu dengan pemberian scaffolding. Scaffolding dalam penelitian ini diartikan sebagai bantuan secukupnya yang diberikan oleh peneliti untuk menyelesaikan masalah program linear dengan benar yang diwujudkan dalam bentuk pertanyaan arahan petunjuk memberi contoh dan langkah ndash langkah pengerjaan. Pemberian scaffolding dilakukan mulai dari tahap 1 2 dan 3 dengan mengacu pada scaffolding yang dikemukakan oleh Angileri. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kesulitan peserta didik kelas XI SMAN 5 Pamekasan dalam menyelesaikan masalah program linear selama pembelajaran daring serta 2) mendeskripsikan pelaksanaan scaffolding yang dapat membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan masalah program linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Pamekasan sebanyak 3 peserta didik yang terdiri dari satu peserta didik berkemampuan matematika tinggi satu peserta didik berkemanpuan matematika sedang dan satu peserta didik berkemampuan matematika rendah. Pemilihan subjek dilakukan dengan mempertimbangkan kesalahan pada tes program linear 1 kelancaran dalam berkomunikasi serta masukan dari guru pengajar matematika wajib kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan masalah program linear pada pembelajaran daring yaitu pada langkah a) membuat model matematika dan fungsi objektif kesulitan menentukan tanda pertidaksamaan pada fungsi kendala dan menentukan fungsi objektif b) menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear kesulitan menentukan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel c) menggambar grafik dan menentukan daerah penyelesaian kesulitan menentukan pasangan titik koordinat menentukan titik potong garis terhadap sumbu koordinat menentukan arsiran pada daerah himpunan penyelesaian d) menentukan nilai maksimum dan minimum melalui uji titik pojok kesulitan menghitung nilai maksimum dan minimum e) menentukan kesimpulan akhir kesulitan menuliskan kesimpulan secara lengkap untuk nilai masing-masing variabel. Pemberian scaffolding dimulai dari scaffolding tahap 1 dengan memberikan tugas terstruktur menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik kemudian dilanjutkan scaffolding tahap kedua yaitu explaining reviewing restructuring serta tahap ketiga yaitu developing conceptual thinking. Pemberian scaffolding untuk kesulitan membuat model matematika menentukan nilai maksimum dan minimum menentukan kesimpulan akhir dilakukan dengan scaffolding tahap 2 sedangkan untuk kesulitan menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear serta menggambar grafik dan menentukan daerah penyelesaian dilakukan dengan pemberian scaffolding tahap 2 dan 3.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |