Pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural peserta didik dalam penggunaan konsep integral / Darum Budiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural peserta didik dalam penggunaan konsep integral / Darum Budiarto

Budiarto, Darum (2021) Pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural peserta didik dalam penggunaan konsep integral / Darum Budiarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Integral merupakan cabang ilmu kalkulus yang diajarkan pada kelas XI SMA yang termasuk materi matematika wajib. Integral mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti penggunaan integral untuk menentukan jarak dan kecepatan suatu benda. Berdasarkan observasi awal hasil tes tertulis tentang penggunaan konsep integral menunjukkan bahwa peserta didik tidak mampu memahami konsep dasar integral sehingga terjadi kesalahan dalam mengintegralkan suatu fungsi yang berakibat pada kesalahan dalam menentukan nilai integral tak tentu dan kesalahan pada jawaban akhir. Mengingat pentingnya pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural dalam mempelajari suatu konsep yang salah satunya untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar peserta didik maka peneliti akan menggali data lebih mendalam lagi tentang pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural peserta didik dalam penggunaan konsep integral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural peserta didik dalam penggunaan konsep integral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 4 Bojonegoro yang telah menerima materi integral sebanyak 3 peserta didik yang terdiri dari satu peserta didik dengan kemampuan tinggi satu peserta didik dengan kemampuan sedang dan satu peserta didik dengan kemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual peserta didik dengan kemampuan tinggi sedang dan rendah masing-masing memiliki kriteria sangat memuaskan cukup memuaskan dan kurang memuaskan dalam hal kemampuan memahami simbol atau notasi integral menjelaskan konsep integral menggunakan prinsip dasar integral memahami sifat penjumlahan atau pengurangan integral dengan memberikan contoh serta menjelaskan hubungan antar konsep integral dengan konsep turunan yang saling berkaitan. Selanjutnya pemahaman prosedural peserta didik dengan kemampuan tinggi sedang dan rendah masing-masing memiliki kriteria sangat baik baik dan cukup baik dalam melakukan langkah-langkah penyelesaian masalah (Polya) mulai dari memahami masalah merencanakan penyelesaian masalah melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan melihat kembali alternatif penyelesaian serta kemampuan dalam menggunakan konsep operasi pada bilangan pangkat dan pecahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263020

Actions (login required)

View Item View Item