Viana, Ria Octa (2022) Pembelajaran seni gerak dan lagu anak usia dini di TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi / Ria Octa Viana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ria Octa Viana. 2022. Pembelajaran Seni Gerak Dan Lagu Anak Usia Dini di TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi.Tesis Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ishaq M.Pd (2) Dr. Sulthoni M Pd Kata Kunci pembelajaran seni gerak dan lagu. Pembelajaran gerak dan lagu pada anak usia dini sangat bermanfaat untuk merangsang perkembangan anak khususnya perkembangan fisik dan motorik anak. Selain itu pembelajaran gerak dan lagu juga dapat mengembangakan 6 aspek perkembangan kemampuan anak. TK Khadijah 21 Banyuwangi merupakan lembaga pendidikan TK yang mengembangkan seluruh potensi dasar yang dimiliki anak hal ini sesuai dengan visi misi dan tujuan TK Khadijah 21 Banyuwangi . Visi berkeinginan untuk mewujudkan lembaga yang unggul dalam peserta didik yang berkualitas berdasarkan pendidikan agama dan menghasilkan peserta didik yang kreatif inovatif dan berkarakter. Cara dalam mencapai visi tersebut adalah dengan menyelenggarakan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai keagamaan dan berakhlakul karimah serta pembelajaran yangkreatif inovatif dan menyenangkan. Usaha untuk mewujudkan visi dan misi di TK Khaidjah 21 Tegaldlimo Banyuwangi membuat program pembelajaran seni gerak dan lagu yang dapat di jadikan ke unggulan di TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi. Program pembelajaran seni gerak dan lagu di TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi bertujuan untuk membekali peserta didik untuk dapat percaya diri dan mampu berekspresi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan dengan menggunakan media sound dan laptop. Dan terdapat hambatan dalam pembelajaran seni gerak dan lagu antara lain (1) motivasi dan (2) kreativitas guru. Dan upaya yang perlu di terapkan dalam pembelajaran seni gerak dan lagu anak usia dini dari upaya kepala sekolah dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini study kasus Data penelitian berupa observasi wawancara dan studi dokumentasi. Data penelitian yang ditemukan dari teknik pengumpulan data akan dijabarkan dalam bentuk narasi. Pembelajaran seni gerak dan lagu di TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi direncanakan dalam rapat awal tahun dan disusun dalam dokumen Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan kemudian program yang telah dirancang pembelajaran gerak dan lgu dijadikan buku untuk dijadikan bahan auan pembelajaran dan disampaikan kepada peserta didik melalui kegiatan belajar harian setelah dilaksanakan dan dievalusi hasilnya diambil langkah tindak lanjut. Penyusunan rancangan pembelajaran yang tidak boleh diabaikan adalah membuat anak merasa senang dalam pembelajaran dan pengelolaan ruang belajar dalam hal ini pengeloaan ruang belajar pengelolaan media pembelajaran seni gerak dan lagu juga pengelolaan lingkungan bermain bagi anak. Pembelajaran seni gerak dan lagu di TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi dapat dilihat dari hasil evaluasi harian anak. Dari hasil yang diamati anak telah mampu mengenal konsep gerakan dan mampu mengingat berbagai konsep pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 02:02 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262937 |
Actions (login required)
View Item |