Haidar, Muslim (2021) Self determined learning process (studi fenomenologi pengalaman belajar praktisi freelance desain grafis pada platform digital fivver.com) / Muslim Haidar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aspek yang melatarbelakangi pentingnya penelitian ini adalah (1) bekerja secara lepas (freelance) akan menjadi trend di masa depan (2) pembelajaran secara mandiri merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Waktu dan tempat penelitian berada di platform digital fivver.com pada tahun 2020 hingga 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan informan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Miles amp Huberman (1992) dengan melalui tiga tahap yaitu data reduction data display dan verivication. Kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses yang dilakukan oleh pekerja lepas dalam self determined learning terdiri dari beberapa unsur proses pembelajaran. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa proses yang dilalui oleh pekerja lepas dalam melakukan pembelajaran secara mandiri terdiri dari beberapa unsur yang saling berkaitan satu sama lain yang meliputi (1) membentuk motivasi menjadi freelancer (pekerja lepas) (2) membuat daftar target yang akan diacapai. Yang ketiga melakukan eksplorasi (3) dengan membuat eksperimen (4) melatih kreativitas dan (5) melakukan refleksi. Sesuai dengan fokus penelitian masalah yang kedua dalam proses self determined learning yang dilalui oleh pekerja lepas adalah strategi personal branding. Adapun strategi Personal branding yang dilakukan oleh praktisi freelance desain grafis di platform digital fivver.com menggunakan beberapa strategi yaitu (1) membuat portofolio yang menarik. (2) mendapatkan strategi untuk mendapatkan first order atau pecah telur kemudian (3) menjaga komunikasi dengan klien. Pekerja lepas diharapkan dapat meningkatkan motivasi dalam bekerja dapat membuat skala prioritas daftar capaian yang lebih baik dapa lebih bisa mengeksplor segala kemampuan yang dimilikinya tidak canggung (ragu-ragu) dalam melakukan sebuah ekperimen dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan inovasi serta dapat merefleksi apa kekurangan yang telah dilakukan sehingga proses belajar akan lebih efektif. Bagi pihak yang memiliki kewenangan tentang penyusunan kebijakan di bidang pendidikan formal nonformal dan informal dapat mempertimbangkan hasil penelitian ini untuk membuat kurikulum tentang pembelajaran yang sesuai dengan kapabilitas perserta didik. Bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan menerapkan penelitian dibidang digital baik secara konten maupun metode agar memperkaya dan menambah wawasan tentang bidang ilmu sosiohumaniora berbasis digital.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |