Intervensi neuro-psiko-pedagogik pada anak berkebutuhan khusus (abk) tipe attention deficit hyperactivity disorder (adhd) / Muhammad Maskur - Repositori Universitas Negeri Malang

Intervensi neuro-psiko-pedagogik pada anak berkebutuhan khusus (abk) tipe attention deficit hyperactivity disorder (adhd) / Muhammad Maskur

Maskur, Muhammad (2021) Intervensi neuro-psiko-pedagogik pada anak berkebutuhan khusus (abk) tipe attention deficit hyperactivity disorder (adhd) / Muhammad Maskur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan psikiatrik dengan gejala utama inatensi hiperaktivitas impulsivitas dan campuran. Termasuk kategori neurodevelopmental disorders dicirikan adanya maturational delay blinking scanning multitracking flooding radial thinking dan hyper-focus. Sejumlah faktor penyebab diantaranya komplikasi kelahiran buruknya kesehatan ibu usia maternal post maturitas fetal fetal distress perdarahan antepartum dan sebagainya. Dengan demikian kompleksitas kondisi ADHD menuntut intervensi yang bersifat komprehensif dan simultan yang merupakan hasil kolaborasi profesional dari berbagai disiplin ilmu yaitu neurolog psikolog ahli pendidikan khusus psikiater terapis ahli gizi dan orangtua. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model intervensi penanganan anak/individu dengan gangguan ADHD yang mengacu pada model Borg dan Gall. Model ini telah disederhanakan oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) RI menjadi 5 langkah yaitu (1) penelitian awal (2) pengembangan produk awal (3) validasi ahli (4) ujicoba skala kecil dan (5) ujicoba skala besar. Penelitian awal dilakukan menggunakan angket yang diisi oleh sedo guru pendamping khusus terapis ahli dan orangtua anak berkebutuhan khusus di klinik tumbuh kembang dan pusat terapi anak berbakat dan berkebutuhan khusus Training of Educational Development and Psychology Psycho Care Malang dengan hasil utama (1) praktisi sangat membutuhkan pengembangan model intervensi komprehensif pada anak berkebutuhan khusus dengan gangguan ADHD (2) praktisi sangat membutuhkan pengembangan model intervensi bersifat kolaboratif profesional pada anak ADHD (3) praktisi berpendapat model intervensi yang tepat untuk penanganan anak ADHD adalah Model neuro-psiko-pedagogik (4) spesifikasi model intervensi neuro-psiko-pedagogik yang dibutuhkan praktisi untuk penanganan anak ADHD adalah model yang memiliki tingkat kegunaan kemudahan penggunaan kelengkapan kerincian dan keterbacaan (5) isi model intervensi neuro-psiko-pedagogik yang dibutuhkan praktisi untuk penanganan anak ADHD antara lain gambar model intervensi pedoman pemeriksaan terapi-intervensi modifikasi perilaku psikoedukasi dan pedoman optimalisasi minat bakat. Berdasarkan hasil penelitian awal tersebut produk awal yang dikembangkan adalah (1) gambar model intervensi (2) pedoman pemeriksaan (3) pedoman terapi-intervensi (4) pedoman modifikasi perilaku (5) pedoman psikoedukasi dan (6) pedoman optimalisasi minat bakat. Produk divalidasi oleh (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd .M.Kes (2) Dr. Saichudin M.Kes dan (3) Dr. Endah K Purwaningtyas M.Psi. Psikolog. Oleh 3 ahli tersebut produk dinilai memiliki tingkat kegunaan kemudahan penggunaan kelengkapan dan keterbacaan yang Sangat Tinggi . Ujicoba penggunaan produk skala kecil dilakukan oleh 5 praktisi yang terdiri dari sedo Guru Pendamping Khusus (GPK) terapis ahli dan orangtua terhadap 3 anak dengan gangguan ADHD. Hasil ujicoba skala kecil menunjukkan bahwa (1) tingkat kegunaan kemudahan penggunaan kelengkapan dan tingkat keterbacaan model berada pada kategori Tinggi (2) hasil pre-test terhadap derajat ADHD berada pada kategori ldquo Tinggi rdquo sedangkan hasil post-test berada pada kategori Rendah (3) hasil uji Wilxocon Signed Ranks Test menunjukkan terdapat perbedaan bermakna derajat ADHD antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi neuro-psiko-pedagogik pada uji coba skala kecil. Ujicoba penggunaan produk skala besar dilakukan oleh 5 praktisi yang terdiri dari sedo Guru Pendamping Khusus (GPK) terapis ahli dan orangtua terhadap 5 anak dengan gangguan ADHD. Hasil ujicoba skala besar menunjukkan bahwa (1) tingkat kegunaan kemudahan penggunaan kelengkapan dan tingkat keterbacaan model berada pada kategori Sangat Tinggi (2) hasil pre-test terhadap derajat ADHD berada pada kategori ldquo Tinggi rdquo sedangkan hasil post-test berada pada kategori Cukup (3) hasil uji Wilxocon Signed Ranks Test menunjukkan terdapat perbedaan bermakna derajat ADHD antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi neuro-psiko-pedagogik pada uji coba skala besar. Dengan demikian baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar intervensi neuro-psiko-pedagogik efektif menurunkan derajat ADHD pada anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi (1) para praktisi dan pengguna (Sedo Guru Pendamping Khusus terapis ahli dan orangtua) dapat memprogramkan atau menerapkan intervensi ini pada anak berkebutuhan khusus dengan gangguan ADHD (2) para neurolog psikolog dan ahli pendidikan khusus agar menggunakan menguasai dan menerapkan model intervensi ini sebagai bagian dari dimensi khusus penanganan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan ADHD (3) Ketua Program Studi Pendidikan Khusus hendaknya memasukkan model intervensi neuro-psiko-pedagogik pada anak ADHD sebagai salah satu suplemen materi dan/atau kurikulum perkuliahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262895

Actions (login required)

View Item View Item