Maidah, Elfit (2022) Pengaruh subjective norm dan religiosity terhadap purchase intention makanan halal melalui attitude pada mahasiswa di kota malang / Elfit Maidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Maidah Elfit. 2021. Pengaruh Subjective Norm dan Religiosity Terhadap Purchase Intention Makanan Halal melalui Attitude Pada Mahasiswa di Kota Malang. Tesis. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Pratikto M.Si. (II) Dr. Titis Shinta Dewi S.P. M.M Kata Kunci Subjective Norm Religiosity Attitude Purchase Intention. Industri halal pada tahun 2019 menjadi sektor prioritas yang dikembangkan oleh pemerintah. Peningkatan industri ini diperkirakan juga akan mendorong pertumbuhan keuangan syariah nasional. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan atas UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang wajibnya setiap bidang usaha yang bergerak pada produk makanan dan minuman untuk memiliki sertifikat halal. Seharusnya hal ini dapat memberikan rasa aman terhadap konsumen di Indonesia yang sebagian besar adalah umat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh subjective norm terhadap attitude pada makanan halal pengaruh reliogisity terhadap attitude pada makanan halal pengaruh attitude terhadap purchase intention pada makanan halal pengaruh subjective norm terhadap purchase intention pada makanan halal serta pengaruh religiosity terhadap purchase intention pada makanan halal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim di 4 Universitas Negeri Kota Malang. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan dengan pertimbangan tertentu yaitu mahasiswa muslim di 4 universitas Negeri Kota Malang baik S1 maupun S2 dapat digunakan menjadi sampel. Jumlah sampel penelitian ini 200. Model dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan Path analysis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa baik subjective norm maupun religiosity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap attitude . Kemudian baik subjective norm religiosity maupun attitude berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selanjutnya baik subjective norm maupun religiosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui attitude. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjective norm atau religiosity berpengaruh terhadap purchase intention secara langsung maupun tidak langsung melalui attitude. Hal menarik dari penelitian ini yaitu ditemukan bahwa subjective norm yang merupakan faktor eksternal mempunyai pengaruh yang lebih tinggi dari religiosity yang merupakan factor internal terhadap purchase intention. Hal ini patut dijadikan bahan pertimbangan untuk pemerintah dan pelaku usaha makanan dan minuman untuk tidak perlu ragu dalam memiliki serifikat halal. Penduduk Indonesia yang sebagian besar adalah umat muslim dan masih tinggi dalam menjunjung nilali ndash nilai sosial masih memiliki tekanan sosial yang tinggi terhadap makanan halal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262879 |
Actions (login required)
View Item |