Korelasi antara technology readiness dengan self efficacy guru sekolah dasar dalam implementasi e-learning sekolah / Retno Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara technology readiness dengan self efficacy guru sekolah dasar dalam implementasi e-learning sekolah / Retno Agustin

Agustin, Retno (2022) Korelasi antara technology readiness dengan self efficacy guru sekolah dasar dalam implementasi e-learning sekolah / Retno Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya isu integrasi teknologi pada pendidikan yang berdampak pada produktivitas guru dan ssiwa dalam kehidupan sehari-hari disadari kehidupan saat ini tak luput dari peran teknologi diberbagai aspek. Terlebih pandemi saat ini mendorong terjadinya pembelajaran jarak jauh yang lekat dengan pemanfaatan teknologi. Dalam hal ini sudah selayaknya guru memiliki kemampuan yang melibatkan konten pedagogis dan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Selain itu guru juga harus memiliki keyakinan atas kemampuan dirinya untuk menunjang profesionalitas kerja. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara Technology Readiness dengan Self Efficacy guru dalam mengimplementasikan e-learning pada proses pembelajaran untuk siswa tingkat sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan 23 guru kelas di MI Bustanul Ulum Tulungagung dipilih sekolah ini sebagai subjek sebab dengan dikembangkannya aplikasi mobile berupa e-learning disekolah ini peneliti berasumsi sekolah ini mampu berinovasi ditengah kesulitan belajar akibat pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang disertai dengan instrumen penelitian yang didasarkan pada indikator Technology Readiness Index (TRI) dan Self Eficacy. Sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliablitas kepada substansi instrumen sehingga layak untuk diuji lapangan. Selain itu juga dilakukan perhitungan kepada setiap variabel untuk dikemudian dilakukan kategorisasi pada setiap indikator. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan linearitas dimana berdasarkan uji tersebut data lapangan yang diperoleh telah memenuhi seluruh uji prasyarat untuk kemudian dapat diuji hipotesis menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan bantuan Software SPSS 20. Hasil menunjukkan bahwa Technology Readiness guru berada pada kategori rendah dengan nilai 1 96 le 2 89 sementara untuk variabel Self Efficacy berada pada kategori tinggi dengan prosentase 65 2% Berdasarkan perbedaan kategori tersebut maka diketahui tabulasi data menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Technology Readiness dengan variabel Self Efficacy guru dalam mengajar dan mengimplementasikan teknologi dalam pembelajaran. Namun meskipun demikian kesiapan teknologi dan keyakinan guru memiliki dampak yang positif dalam proses integrasi teknologi pada pendidikan. Harapannya penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan untuk penelitian selanjutnya serta dapat dijadikan sebagai motivasi guru unuk senantiasa mengembangkan kemampuan TIK mereka sehingga dapat mengintegrasikannya dalam pembelajaran dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262835

Actions (login required)

View Item View Item