Pengembangan aplikasi permainan edukasi basic english grammar / Eko Saputra Nurdiansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi permainan edukasi basic english grammar / Eko Saputra Nurdiansa

Nurdiansa, Eko Saputra (2022) Pengembangan aplikasi permainan edukasi basic english grammar / Eko Saputra Nurdiansa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lingkungan belajar yang kaya memberikan kebebasan kepada pebelajar untuk belajar sesuai apa yang dikehendaki. Selain itu perkembangan teknologi yang pesat dan ketersediaan informasi yang hampir instant memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk bisa mengakses dan mengunduh berbagai sumber ajar yang diinginkan. Fleksibiltas merupakan ciri khas dari pembelajaran digital dimana pebelajar dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Personalisasi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing memiliki urgensi dalam tujuan pendidikan nasional. Untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language) tidaklah mudah karena untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif pebelajar EFL diharapkan menguasai dan mengembangkan kemampuan dasar berbahasa Inggris diantaranya tata bahasa (grammar) perbendaharaan kosa kata (vocabulary) dan pelafalan (pronunciation). Grammar merupakan hal yang paling dasar yang perlu dikuasai ketika pebelajar EFL belajar membangun sebuah kalimat yang bermakna. Pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Lee amp Owens yang meliputi (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah pebelajar pendidikan bahasa Inggris semester 1 angkatan 2021 yang mengampu mata kuliah Kursus Intensif Terpadu (IIC) di Universitas Halu Oleo Kendari. Produk aplikasi permainan edukasi ini telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi permainan edukasi basic English grammar dinyatakan layak dengan persentase kelayakan validasi ahli media sebesar 98 75% ahli materi 94 66% uji coba individu sebesar 84% uji coba kelompok kecil sebesar 87 2% dan uji coba kelompok besar 84 25%. Berdasarkan data tersebut aplikasi permainan edukasi ini dinilai layak untuk mengurangi kesalahan tata bahasa yang umumnya dilakukan oleh pebelajar EFL di Indonesia seputar penggunaan noun verb preposition article dan To Be. Selain itu reaksi pebelajar ketika mempelajari basic grammar menggunakan aplikasi permainan edukasi berdampak positif pada pengetahuan pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262832

Actions (login required)

View Item View Item