Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konsep tringo dalam pembelajaran menulis teks eksposisi untuk siswa SMA / Muhammad Zidni Ilman Nafi'a</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konsep tringo dalam pembelajaran menulis teks eksposisi untuk siswa SMA / Muhammad Zidni Ilman Nafi'a</p>

Nafi'a, Muhammad Zidni Ilman (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konsep tringo dalam pembelajaran menulis teks eksposisi untuk siswa SMA / Muhammad Zidni Ilman Nafi'a</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis tringo dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan sedangkan model pengembangan Dick and Carrey merupakan model pengembangan yang digunakan. Dalam penelitian dan pengembangan ini hanya dibatasai pada tahap uji validasi ahli dikarenakan keterbatasan penelitian. Perangkat pembelajaran yang menjadi luaran dari pengembangan ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kerja peserta didik (LKPD) e-modul pembelajaran dan panduan penggunaan perangkat pembelajaran. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi ahli media dan ahli desain pembelajaran dengan jumlah rata-rata keseluruhan perangkat yang dikembangkan memperoleh hasil presentase sebesar 94 97%. Skor hasil validasi RPP memperoleh rata-rata presentase sebesar 93 3%. Panduan penggunaan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata presentase sebesar 93%. E-modul pembelajaran memperoleh rata-rata presentase sebesar 97 6% dan LKPD memperoleh rata-rata presentase sebesar 96%. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak atau valid digunakan dalam proses pembelajaran sehingga bisa dilanjutkan pada tahap uji coba kepada siswa. Adapun pengujian kepada siswa dilakukan dalam tiga tahapan yaitu uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba perorangan yang dilakukan memperoleh rata-rata presentase sebesar 89%. Kemudian uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata presentase sebesar 81%. Sedangkan untuk uji coba lapangan memperoleh rata-rata presentase sebesar 89%. Berdasarkan hasil analisis tersebut bisa disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah final dan tidak perlu adanya revisi sehingga bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil pengujian tersebut juga membuktikan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262829

Actions (login required)

View Item View Item