Darmawan, Wiratama (2021) Pengaruh blended learning dengan flipped classroom pada mata pelajaran prakarya terhadap hasil belajar siswa kelas x SMK / Wiratama Darmawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kajian dalam penelitan didasarkan pada strategi pembelajaran dalam Pendidikan yang semakin berkembang. Khususnya di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK di Indonesia di harapkan dapat memberikan kontribusi penuh dalam mengembangkan SDM yang siap menghadapi gejolak jaman. Di era Industri 4.0 ini manusia harus punya bisa kreatif inovatif dan produktif. Penelitian ini berisi tentang pengujian apakah ada pengaruh yang signifikan antara perlakuan pembelajraran blanded dengan metode flipped classroom dalam menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan kelompok yang dikontrol (Pretest-Posttest Control Group Design) (Sugiyono 2016). Data akan dikumpulkan dengan mengunakan instrumen yang disebar kepada 20 siswa. Yaitu Pre-test dilakasanakan untuk memperoleh data initial ability kemudian post-test dilaksanakan guna membandingkan data setelah diadakan perlakuan. Akan dilaksanakan 3 uji statistik dalam penelitian ini yaitu pertama uji normalitas selanjutnya uji homogenitas dan yang terakhir uji hipotesis. Dari beberapa uji statistik di atas maka dapat disimpulkan bahwa uji stastistik dalam penelitian ini memperoleh H0 ditolak dan H1 diterima karena didapat signifikansinya 0 000 lt 0 05 hal itu menunjukkan bahwa hasil dari uji hipotesis yaitu kurang dari 5% hingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh blended learning dengan Flipped Classroom pada mata pelajaran Prakarya terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Ma arif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |