Keefektifan bimbingan kelompok virtual dengan teknik photovoice untuk meningkatkan empati Siswa SMP / Ananda Kiky Primasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok virtual dengan teknik photovoice untuk meningkatkan empati Siswa SMP / Ananda Kiky Primasari

Primasari, Ananda Kiky (2021) Keefektifan bimbingan kelompok virtual dengan teknik photovoice untuk meningkatkan empati Siswa SMP / Ananda Kiky Primasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan empati siswa sekolah menengah pertama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan satu kelompok eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 SMP sebanyak 8 siswa dengan skor empati sedang yang diambil secara acak. Prosedur perlakuan pada penelitian ini dilakukan sebanyak enam kali pertemuan dengan rancangan desain yang terdiri dari kolaborasi antara tahapan bimbingan kelompok virtual dengan tahapan teknik photovoice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Melalui analisis data Wilcoxon diperoleh hasil asymp sig (2-tailed) sebesar 0.012. Hasil analisis tersebut menyatakan bahwa hipotesis yang disusun oleh peneliti diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok virtual dengan teknik photovoice terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan empati siswa sekolah menengah pertama. Saran untuk peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian ini dengan rancangan metode penelitian yang lain seperti penelitian eksperimen murni dengan menambahkan kelompok kontrol agar hasil penelitian lebih berkembang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262811

Actions (login required)

View Item View Item