Hubungan antara mindfulness dengan fear of missing out pada mahasiswa tingkat akhir / Dara Cessia Sukma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara mindfulness dengan fear of missing out pada mahasiswa tingkat akhir / Dara Cessia Sukma Dewi

Dewi, Dara Cessia Sukma (2022) Hubungan antara mindfulness dengan fear of missing out pada mahasiswa tingkat akhir / Dara Cessia Sukma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir adalah mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir yaitu skripsi. Mahasiswa pada pengerjaan skripsi sering dihadapkan dengan kesulitan seperti kesulitan mengerjakan revisi yang berulang-ulang kesusahan mendapatkan sumber rujukan lamanya umpan balik dari dosen pembimbing dan keterbatasan waktu penelitian (Aulia amp Panjaitan 2019). Masa kini segala informasi dapat diperoleh dari media sosial mahasiswa akhir dapat memperoleh pandangan atau inspirasi penelitian dengan melihat fenomena-fenomena sosial yang dipaparkan di media sosial. Namun dalam kenyataannya mahasiswa akhir yang menggunakan media sosial ada yang mengalami sindrom Fear of Missing Out (FoMO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dengan fear of missing out pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional yang berfokus pada pengujian hubungan antara dua variabel. Teknik sampling yang digunakan yaitu insidental sampling dimana jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 126 orang. Pengumpulan data menggunakan dua instrumen yaitu Skala Mindfulness dan Skala Fear of Missing Out yang dimodifikasi penulis. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. sebesar 0 000 yang artinya adalah ditolak dan diterima maka terdapat hubungan antara mindfulness dengan fear of missing out pada mahasiswa tingkat akhir. Selain itu nilai r hitung yang sebesar -0 308 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel rendah dan memiliki hubungan negatif atau bersifat tidak searah sehingga apabila skor mindfulness tinggi maka skor fear of missing out rendah dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262769

Actions (login required)

View Item View Item