Dhanti, Nadhifa Salmatia (2021) Perancangan webcomic tentang kesadaran lingkungan untuk remaja / Nadhifa Salmatia Dhanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Salmatia Dhanti Nadhifa. 2021. Perancangan Webcomic Tentang Kesadaran Lingkungan Untuk Remaja. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Andy Pramono S.Kom M.T. (II) Dimas Rifqi Novica S.Sn M.Ds. Kata Kunci Webcomic Kesadaran Lingkungan Remaja Webcomic merupakan bacaan digital yang digemari remaja karena menarik untuk dibaca mudah diakses dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk bisa membaca webcomic. Dari survey yang dilakukan pada remaja berusia 12-25tahun 52 7% responden membaca webtoon 1-2 jam setiap hari. Sehingga Webcomic dapat dijadikan sebagai media edukasi yang menarik untuk remaja. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan webcomic berjudul lsquo Di Bawah Langit rsquo mengenai kesadaran lingkungan. Hasil perancangan ini diharapkan dapat menyampaikan informasi secara menarik kepada remaja mengenai pentingnya kesadaran lingkungan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Perancangan ini menggunakan prosedur dasar perancangan Bruce Archer yang terdiri dari tiga fase utama yaitu Analytical Phase Creative Phase dan Executive Phase. Data dikumpulkan berdasarkan tiga aspek karya visual yaitu aspek imaji atau gambar aspek pembuat atau produksi imaji dan aspek permisa. Webcomic dibuat berdasarkan elemen-elemen utama komik dengan susunan panel secara vertikal. Perancangan ini menghasilkan webcomic berjudul Di Bawah Langit dengan cerita yang menggabungkan genre aksi-fantasi dengan topik kesadaran lingkungan. Webcomic dipublikasikan pada Line Webtoon Canvas dan dapat dibaca di website maupun aplikasi Line Webtoon. Berdasarkan hasil survey pengembangan webcomic lsquo Di Bawah Langit rsquo online yang dilakukan dengan google form kepada responen remaja berusia 12-25 tahun tersebut dapat disimpulkan cerita webcomic lsquo Di Bawah Langit rsquo mendapatkan skor 84 4% yaitu Sangat Baik namun cerita masih dapat ditingkatkan dengan mengukur jarak alur dan menambah penjelasan lebih banyak mengenai world-building.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262150 |
Actions (login required)
View Item |