Oktavina, Iqlimah Musabbichah (2021) Analisis desain kemasan produk keripik brownies merek bronchips melalui pendekatan semiotika charles sanders peirce. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemasan tidak terlepas dari keunikan desain sehingga membuat para pembeli akan mengingat suatu produk. Kebiasaan pembeli mengingat produk dari desain berdampak munculnya istilah baru yang dinamakan desain kemasan. Mega Siswindarto menemukan pada setiap pameran perilaku konsumen terhadap produk keripik brownies merek bronchips menanyakan kepada penjual perbedaan kemasan varian kacang keju dan choco chips pada produk keripik brownies sedangkan varian green tea almond dapat langsung membayangkan rasanya. Sehingga perlu adanya penelitian lapangan melalui observasi langsung serta metodologi pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika. Penelitian ini berlandaskan teori semiotika milik Charles Sanders Peirce sebagai acuan memahami dan mengetahui keberadaan tanda pada kemasan produk keripik brownies merek bronchips. Teknik analisis data menggunakan model topologi ganda untuk mencari keberdaan tanda atau makna meliputi ikon indeks dan simbol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap elemen visual desain kemasan produk memiliki ketiga unsur semiotika milik Charles Sanders Peirce yaitu ikon indeks dan simbol. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan desain kemasan varian kacang keju dan choco chips pada produk keripik brownies tidak memiliki ciri khas yang dominan seperti varian green tea almond.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:43 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262148 |
Actions (login required)
View Item |