Redesain kemasan bawang goreng ‘nadira’ probolinggo sebagai unique selling proposition (usp) produk khas perusahaan nadira / Fenty Fauziah Nur Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain kemasan bawang goreng ‘nadira’ probolinggo sebagai unique selling proposition (usp) produk khas perusahaan nadira / Fenty Fauziah Nur Islami

Islami, Fenty Fauziah Nur (2021) Redesain kemasan bawang goreng ‘nadira’ probolinggo sebagai unique selling proposition (usp) produk khas perusahaan nadira / Fenty Fauziah Nur Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bawang merah merupakan hasil pertanian terbesar ketiga di Jawa Timur setelah padi dan jagung. Menurut Plt. Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian Sukarman Kota Probolinggo merupakan sentra kedua terbesar di Jawa Timur. Maka tidak heran jika Probolinggo disebut sebagai salah satu sentra off season yang berarti para petani justru menanam bawang merah saat musim hujan. Salah satu petani bawang merah adalah keluarga Bapak Samin. Namun sejak tahun 2016 keluarga Bapak Samin mulai membuat usaha baru di industri makanan yang berfokus pada penjualan bawang goreng. Bawang Goreng Nadira dibuat dengan bahan-bahan berkualitas dan diolah tanpa bahan pengawet. Namun sayangnya desain kemasan yang digunakan bawang goreng Nadira masih sangat sederhana dan belum memiliki keistimewaan tersendiri. Kemasan standing pouch bawang goreng Nadira juga sering terbuka saat proses pengiriman jarak jauh. Selain itu minimnya media promosi dalam pengenalan produk Nadira membuat masyarakat kurang mengenal produk bawang goreng Nadira. Tujuan dari redesain kemasan ini yaitu menghasilkan desain kemasan yang lebih efisien dan menarik agar mampu menampilkan unique selling proposition produk Nadira. Pada proses redesain kemasan bawang goreng lsquo Nadira rsquo ini menggunakan metode Design Thinking yang dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown pendiri IDEO. Proses design thinking terdiri dari 5 tahapan yaitu emphatize define ideate prototype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada pemilik perusahaan ldquo Nadira rdquo dan juga menggali informasi kepada beberapa konsumen Nadira. Setelah itu juga dilakukan observasi lapangan serta studi literatur dari berbagai sumber. Berdasarkan masalah yang ditemukan dari data yang telah dikumpulkan perancangan ini menghasilkan desain kemasan bawang goreng Nadira yang baru. Selain desain kemasan sebagai media utama ada pula media pendukung seperti facebook feed poster x-banner dan flye yang didesain untuk menunjang informasi tentang media utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262139

Actions (login required)

View Item View Item