Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Nailiya Sa'idah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Nailiya Sa'idah

Sa'idah, Nailiya (2009) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Nailiya Sa'idah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa idah Nailiya. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Soedjono Basoeki M.Pd dan (II) Dra. Hawa Tuarita M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 13 Malang hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII F pada mata pelajaran Biologi masih belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Proses pembelajaran Biologi di SMP Negeri 13 Malang sebenarnya sudah mulai menerapkan prinsip student centered namun ketergantungan peserta didik terhadap guru dalam proses pembelajaran masih tinggi karena pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah disamping diskusi penggunaan media CD interaktif mengerjakan LKS dan praktikum. Hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa 51% peserta didik mengikuti retest karena skor yang diperoleh kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di SMP Negeri 13 Malang yaitu 69. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VII F SMP Negeri 13 Malang. Pengambilan data penelitian berlangsung selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan dilaksanakan pada tanggal 01 Mei 2009 sampai dengan tanggal 05 Juni 2009. Data hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus sedangkan kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pertanyaan dan jawaban yang muncul selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik pada siklus I sebesar 70 27% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86 48%. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan persentase sebesar 16 21%. Kemampuan berpikir kritis yaitu C4 (analisis) C5 (sintesis) dan C6 (evaluasi) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan pada siklus I tingkat C4 (analisis) sebesar 22 20% dan 19 60% mengalami penurunan pada siklus II menjadi 19 60% dan 18 18%. Sedangkan pada tingkat C5 (sintesis) dan C6 (evaluasi) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 5 55% dan 4 90% menjadi 24 50% dan 22 74% serta dari 0 00% menjadi 23 52% dan 27 30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VII F SMP Negeri 13 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item View Item