Perbedaan prestasi belajar matakuliah praktik antara semester gasal dan genap 2019/2020 mahasiswa th. 2018 prodi PJKR-FIK-UM / Ricky Ronaldo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar matakuliah praktik antara semester gasal dan genap 2019/2020 mahasiswa th. 2018 prodi PJKR-FIK-UM / Ricky Ronaldo

Ronaldo, Ricky (2021) Perbedaan prestasi belajar matakuliah praktik antara semester gasal dan genap 2019/2020 mahasiswa th. 2018 prodi PJKR-FIK-UM / Ricky Ronaldo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tahun akademik 2019/2020 semester gasal pembelajaran menggunakan sistem luring/tatap muka namun pada semester genap gabungan dua sistem yaitu luring dan daring. Kondisi tersebut terdampak pada hasil belajar seperti pada matakuliah praktik. Pembelajaran gerak tepat diberikan melalui sistem tatap muka namun semester genap dengan adanya situasi Covid-19 pembelajaran menggunakan campuran luring dan daring. Hal ini berdampak pada capaian hasil belajar. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada kedua sistem tersebut solusinya dilakukan penelitian tentang perbedaan prestasi belajar matakuliah praktik antara semester gasal dan genap 2019/2020 mahasiswa tahun 2018 Off. C Prodi PJKR-FIK-UM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan nilai prestasi belajar matakuliah praktik antara semester gasal (sebelum pandemi) dan semester genap (saat pandemi Covid-19) tahun akademik 2019/2020 pada mahasiswa angkatan tahun 2018 Off. C Prodi PJKR FIK Universitas Negeri Malang. Penelitian ini mengunakan rancangan bentuk deskriptif kuantitatif dan metode pendekatan berupa causal comperatif. Populasi penelitian mahasiswa prodi PJKR-FIK-UM angkatan 2018 off. C berjumlah 39 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik purporsive proportionate sistematic random sampling dengan porsi 90% sehingga sampel berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian berupa non tes dan pengambilan data menggunakan teknik dukumentasi berupa KHS. Data dianalisis menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data menggunakan teknik Fmax. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berhubungan dengan alpha 0 05. Hasil analisis data uji normalitas Dhit. lt Dtab. alpha 0 05 berarti data yang diperoleh berdistribusi normal dan hasil uji t koefisien thit. 4 76 gt ttab. 2 042 berarti ada perbedaan yang signifikan nilai prestasi belajar matakuliah praktik antara semester gasal (sebelum pandemi) dan semester genap (saat pandemi Covid-19) tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil prestasi belajar antara semester gasal (sebelum pandemi) dan semester genap (saat pandemi) tahun akademik 2019/2020. Diharapkan setelah mengetahui hasil prestasi belajar pada matakuliah praktik dapat dijadikan tolak ukur dalam peningkatan hasil prestasi dengan mengubah pola dalam belajar mandiri misalnya mengulang-ngulang/latihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260985

Actions (login required)

View Item View Item