Pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler futsal berbasis blended learning untuk tingkat sma / M T A SATRIA P N - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler futsal berbasis blended learning untuk tingkat sma / M T A SATRIA P N

Nuggraha, Mhammad Tafdhil Azib Satria Putra (2021) Pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler futsal berbasis blended learning untuk tingkat sma / M T A SATRIA P N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Olahraga semakin dibutuhkan untuk memelihara keserasian keselarasan dan keseimbangan hidup manusia. Berkaitan dengan hal tersebut ektrakurikuler olahraga perlu mendapatkan penanganan yang tepat dalam mewujudkan dan membentuk sikap manusia seutuhnya yang kuat dan sehat baik jasmani maupun rohani salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Salah satu cabang ekstrakurikuler olahraga yang perlu mendapatkan perhatian adalah cabang futsal. Dalam ekstrakurikuler futsal selain psikomotor yang harus dikuasai adalah kognitif dan afektifnya. Memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan. Dengan menggunakan blended learning peserta didik tidak hanya belajar secara tatap muka tapi juga secara offline dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran ekstrakurikuler futsal menggunakan metode pembelajaran berbasis blended learning untuk menghasilkan suatu produk berupa buku dan multimedia interaktif autoplay 8 agar lebih efektif dan efisien untuk meingkatkan pengetahuan atau kognitif psikomotor siswa dalam bermain futsal. Model penelitian ini menggunakan model rancangan pembelajaran blended learning. Data dari penelitian dan pengembangan ini adalah hasil instrumen berdasarkan tanggapan validasi ahli hasil uji coba kelompok kecil hasil uji coba kelompok besar dan uji efektifitas efisiensi dan daya tarik. Komponen pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) tatap muka (2) offline menggunakan aplikasi autoplay studio 8 dan (3) online menggunakan media sosial yaitu google classroom. Hasil dari uji coba produk penelitian yang diberikan terhadap 30 sampel hasil yang diperoleh yaitu (1) kriteria kemenarikan (85 00%) (2) kriteria kejelasan (84 17%) (3) kriteria kemudahan (92 50%) (4) kriteria keefektifan (85 28%). Berdasarkan dari 4 kriteria persentase tersebut diperoleh data Rata-rata hasil keseluruhan dari persentase yaitu sebesar (86 48%). Kriteria tersebut telah memenuhi kelayakan sehingga produk pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler futsal berbasis blended learning untuk tingkat SMA dinyatakan dapat di gunakan. Hasil penelitian dalam tiap pertemuan diperoleh efektifitas yaitu ( 1) untuk nilai 100 nilai huruf SB (16 67%) (2) nilai 80-90 nilai huruf B (64 44%) (3) nilai 60-70 nilai huruf C (18 89%) maka rata-rata yang diperoleh nilai huruf B (83 78%). Efisiensi yaitu diperoleh waktu tercepat 03 34 29 (tiga jam tiga puluh empat menit dua puluh sembilan detik) dan diperoleh waktu terlama 03 46 07 (tiga jam empat puluh enam menit tujuh detik) maka rata-rata yang diperoleh adalah 03 38 56 (tiga jam tiga puluh delapan menit lima puluh enam detik). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler futsal berbasis blended learning untuk tingkat SMA ini dinyatakan layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260964

Actions (login required)

View Item View Item