Penerapan pendekatan science, environment, technology, society (SETS) di luar kelas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 2 Malang pada materi pokok "pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan" / Um - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan science, environment, technology, society (SETS) di luar kelas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 2 Malang pada materi pokok "pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan" / Um

Khariroh, Ummul (2010) Penerapan pendekatan science, environment, technology, society (SETS) di luar kelas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 2 Malang pada materi pokok "pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan" / Um. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khariroh Ummul. 2008. Penerapan pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) di luar kelas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP N 2 Malang pada materi pokok pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan . Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pudyo Susanto M.Pd. (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci Pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) Hasil belajar Kognitif. Berdasarakan hasil observasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru bidang studi Biologi kelas VII SMP N 2 Malang diperoleh beberapa fakta dalam pembelajaran (1) keterlibatan siswa dalam diskusi rendah (2) belum pernah dilaksanakanya pembelajaran di luar kelas (3) Komunikasi ilmiah kurang bervariasi (4) terbatasnya jam pembelajaran namun materi cukup banyak (5) ketika guru menjelaskan suatu materi siswa kelihatan mengerti tapi setelah diberi pertanyaan ternyata diketahui bahwa siswa belum memahami materi yang baru dijelaskan (6) model pembelajaran biologi yang sering digunakan adalah diskusi ceramah dan pemberian skor. Model pembelajaran ini dirasakan kurang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran biologi di Sekolah Menengah Pertama pada materi pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan menggunakan pendekatan Science Environment Technology Society (SETS). Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Malang pada tanggal 16 Mei 2008 sampai dengan 7 Juni 2008. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari atas 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Malang tahun ajaran 2007/2008. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian dimulai dengan melakukan observasi awal. Setelah dilakukan refleksi pada observasi awal disusun rencana tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Observasi hasil belajar kognitif siswa dilakukan melalui kegiatan tes tulis laporan kegiatan dan hasil diskusi presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan ini tampak dari adanya peningkatan persentase pada kegiatan membuat laporan kelompok diskusi presentasi dan skor hasil tes. Kualitas jawaban dari hasil tes tulis yang paling menonjol berada pada tingkat kognitif pemahaman sebesar 44 6% dan juga telah mencapai tingkat kognitif yang lebih tinggi lagi yakni tingkat penerapan sebesar 20 6% tingkat analisis sebesar 9 45% tingkat evaluasi sebesar 1 43% dan mencipta 5 44%. Hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I belum tercapai ketuntasan belajar maka pada siklus II ketuntasan belajar telah tercapai. Skor i diatas ketuntasan minimum 65 sebanyak 37 orang siswa dengan skor rata-rata 75 2 dan tercapai pula standar ketuntasan klasikal 85% sebanyak 92 5%. Isu-isu SETS yang telah diperoleh siswa pada siklus II lebih kompleks dibandingkan dengan siklus I. Dengan diketahuinya isu-isu SETS oleh siswa kelas VII SMP N 2 Malang ini diharapkan siswa-siswa dapat menentukan sikap dan mengambil tindakan nyata untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang telah terjadi di Pasar Comboran. Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan tanggapan siswa tentang pembelajaran Biologi dengan pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) di luar kelas meningkat pada aspek motivasi ke 3 4 6 7 dan 8 sedangkan pada aspek motivasi ke 1 dan 5 tanggapan siswa tetap sebesar 97 6%. Sedangkan pada aspek kedua menurun dari 97 6% menjadi 95 1%. Penurunan ini hanya sedikit (2 5%) namun meskipun demikian hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih mudah mengerti dan mengingat dengan pendekatan SETS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26094

Actions (login required)

View Item View Item