Efektivitas pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) terhadap peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kepanjen / Vita Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) terhadap peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kepanjen / Vita Fitria

Vita Fitria (2008) Efektivitas pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) terhadap peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kepanjen / Vita Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan strategi pembelajaran koopeatif model GI (Group Investigation) mempunyai 6 tahapan yaitu 1. seleksi topik 2. merencanakan kerjasama 3. implementasi 4. analisis dan sintesis 5. penyajian hasil akhir dan 6. evaluasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah efektivitas pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi khususnya materi sistem pencernaan siswa kelas VIII-B dan VIII-D SMP Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 November-21 November 2007. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang subyeknya diberi perlakuan (treatment) kemudian diukur akibat perlakuan tersebut pada diri subyek yaitu pada awal pembelajaran dilakukan pretes kemudian melakukan pembelajaran model GI (Group Investigation) dan pada akhir pembelajaran dilaksanakan postes lalu hitung selisih skor pretes dan postes. Rancangan penelitin ini adalah Pretest-Postest Control Group Design (Rancangan Kelompok Kontrol dengan Pretest Dan Postest). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B (kelas eksperimen) yang berjumlah 47 siswa dan siswa VIII-D (kelas kontrol) yang berjumlah 45 siswa. Data penelitian ini berupa prestasi belajar siswa yang diperoleh dari selisih skor pretest dan postest dan menghitung kenaikan jumlah siswa yang mendapat nilai 100 sebelum maupun setelah diberi perlakuan. Data tentang prestasi belajar siswa dianalisis melalui 3 tahap yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji beda rata-rata dengan taraf signifikan 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji kemampuan awal siswa data diambil dari nilai ulangan harian sebelum penelitian yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji normalitas diketahui Fhitung 0 14556 sedangkan Ftabel (0 05 db 1) 3 842. Fhitung Ftabel maka kemampuan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen mengikuti distribusi normal. Uji homogenitas diketahui bahwa Fhitung 1 182 dan Ftabel (0 05 46 44) 1 635. Fhitung Ftabel maka kemampuan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki kemampuan yang sama. Sedangkan uji beda rata-rata menggunakan data nilai rata-rata selisih pretes dan postes. Nilai rata-rata selisih pretes dan postes siswa kelas eksperimen sebesar 36 915 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 26 889. Uji hipotesis uji beda ratarata menghasilkan nilai thitung 2 743 lebih besar dari ttabel 1 9867 sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa peningkatan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model GI lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional diterima. Jadi pembelajaran koopertif model GI dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item