Tinjauan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kesiapan guru biologi untuk melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di MTs Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan / Imroatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tinjauan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kesiapan guru biologi untuk melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di MTs Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan / Imroatus Sholihah

Imroatus Sholihah (2009) Tinjauan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kesiapan guru biologi untuk melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di MTs Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan / Imroatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faktor utama yang dapat menentukan tinggi rendahnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Dalam pelaksanaan kurikulum sosok yang paling dekat adalah guru. Dengan demikian pemahaman guru mengenai konsep kurikulum (KBK/KTSP) memegang peranan penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Pelaksanaan kurikulum menuntut tenaga pengajar yang terampil dan berkualitas agar dapat mencapai kompetensi yang diharapkan oleh kurikulum. Oleh karena itu perlu adanya kesiapan dari para pelaksananya diantaranya adalah guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui sejauh mana pelaksanaan KBK yang dilakukan oleh guru biologi MTs di kecamatan Paciran (2) mengetahui adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan KBK dan (3) mengetahui kesipaan guru biologi di MTs kecamatan Paciran terhadap pelaksanaan KTSP. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif karena untuk memperoleh informasi melukiskan dan menafsirkan keadaan yang ada saat penelitian berlangsung yaitu untuk memperoleh gambaran faktual dari suatu kondisi mengenai sejauh mana pelaksanaan KBK serta kesiapan guru untuk melaksanakan KTSP. Instrumen yang digunakan berupa angket wawancara dan dokumen. Subyek penelitian ini adalah guru biologi MTs di kecamatan Paciran kabupaten Lamongan. Waktu pelaksanaan penelitian mulai bulan Februari sampai Juli 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan KBK dengan baik meskipun belum secara maksimal. Faktor pendukung yang ditemui oleh guru dalam pelaksanaan KBK diantaranya adalah motivasi dari guru sendiri dukungan dari guru-guru lain dari lingkungan sekolah dan pemerintah dan faktor penghambat yang ditemui oleh guru dalam melaksanakan KBK diantaranya adalah kurang adanya kelengkapan media pembelajaran sebagai penunjang kelancaran proses pembelajaran keterbatasan sarana/fasilitas seperti laboratorium kesulitan dari guru sendiri untuk bisa menerapkan KBK dalam proses pembelajaran secara maksimal dan dari siswa. Guru siap melaksanakan KTSP pada tahun ajaran baru 2007/2008 dengan pemahaman tentang konsep KTSP yang mereka miliki dari hasil sosialisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan faktor penghambat yang ditemui oleh guru segera dibenahi agar pelaksanaan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan oleh kurikulum baik itu oleh guru sendiri kepala sekolah maupun perangkat sekolah yang lain. Kekurangan yang ada pada pelaksanaan KBK seperti penyusunan desain pembelajaran/RPP yang kurang lengkap dan kurang baik sebaiknya segera diperbaiki oleh guru untuk menunjang pelaksanaan KTSP pada tahun ajaran 2007/2008 dengan maksimal. Lembaga kependidikan atau lembaga-lembaga yang berwenang mengadakan sosialisai diharapkan lebih mengoptimalkan sosialisasi kurikulum dengan melibatkan semua guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item