Pengembangan modul pembelajaran estimasi biaya konstruksi berbasis metode pemecahan masalah untuk siswa SMK program keahlian dpib / Siti Mu'afifah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran estimasi biaya konstruksi berbasis metode pemecahan masalah untuk siswa SMK program keahlian dpib / Siti Mu'afifah</p>

Mu'afifah, Siti (2021) Pengembangan modul pembelajaran estimasi biaya konstruksi berbasis metode pemecahan masalah untuk siswa SMK program keahlian dpib / Siti Mu'afifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh semua orang untuk mendapatkan kesuksesan di masa mendatang. Dalam mendapatkannya seseorang dapat mendapatkannya secara otodidak namun sering terjadi di bawah bimbingan orang lain yang termasuk melalui pendidikan formal. Salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di tingkatan tersebut Pemerintah Indonesia telah menyiapkan banyak jurusan yang dapat dipilih siswa salah satunya ialah program keahlian Teknologi Konstruksi dan Property dengan Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Untuk memenuhi peraturan mengenai kurikulum yang telah diterapkan pemerintah melalui Kurikulum 2013 masih banyak hambatan yang dialami oleh pihak sekolah dalam penerapannya. Contohnya SMK Kompetensi keahlian DPIB yang memiliki kendala kurangnya kesiapan dalam media bahan ajar pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi materi yaitu menerapkan perhitungan volume konstruksi jalan dan jembatan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul serta model pembelajaran estimasi biaya konstruksi gedung pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI SMK DPIB yang mudah diakses melalui online atau offline. Untuk mendapatkan hasil yang optimal peneliti menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (research and development) yang melalui tahapan yaitu pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kemudian perancangan media uji coba kepada pengguna sampai menjadi hasil produk jadi yaitu berupa modul pembelajaran. Peneliti melakukan uji coba di SMKN 1 Kemlagi yang merupakan objek penelitian pleh peneliti. Lalu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada aspek tampilan didapatkan persentase sebanyak 87 69% yaitu sangat valid yang berarti modul dapat digunakan tanpa adanya revisi. Kemudian pada Aspek Operasional didapatkan persentase 86 34% yaitu Sangat Valid yang berarti produk modul dapat digunakan tanpa adanya revisi. Pada aspek Isi Materi produk mendapatkan persentase sebanyak 80 00% yaitu Cukup Valid yang berarti produk dapat digunakan dengan adanya revisi. Berdasarkan saran dari ahli materi ahli media dan siswa produk ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan yang dapat diperbaiki dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260369

Actions (login required)

View Item View Item