Tundung, Kukuh Aryan (2021) Pengembangan pembelajaran model flipped classroom melalui media youtube pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi untuk SMK Bangunan / Kukuh Aryan Tundung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Tundung Kukuh Aryan. 2020. Pengembangan Pembelajaran Model Flipped Classroom melalui Media youtube pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi untuk SMK Bangunan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Priyono M.Pd. (2) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Pembelajaran Model Flipped Classroom Media Youtube Estimasi Biayak Konstruksi SMK Bangunan. Sekolah menengah kejuruan merupakan sekolah yang mendidik siswa untuk memiliki ketrampilan khusus dalam dunia kerja. Untuk meningkatkan ketrampilan sekolah menengah kejuruan maka diperlukannya proses pembelajaran berupa praktik. Namun kenyataannya proses pembelajaran di sekolah menengah kejuruan mengalami perubahan belajar yang diakibatkan oleh wabah covid-19. Hal ini peran guru sebagai pengajar di sekolah perlu memiliki kreativitas dan inovasi dalam mengambangkan rancangan pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang dimaksud adalah pengembangan pembelajaran model flipped classroom melalui media youtube. Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah Rancangan pelaksanaan pembelajaran model flipped classroom melalui media youtube. Pengembangan pembelajaran ini berisikan beberapa perangkat yang dibutuhkan yaitu Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) video pretest video konten pembelajaran google sketchup dipadukan dengan video scribe dan video posttest. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang dimodifikasi yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Pada tahap analisis yang digunakan peneliti mencangkup analisis kebutuhan yaitu berupa observasi dan wawancara dilapang untuk mengetahui masalah yang ada di sekolah menengah kejuruan analisis karakteristik siswa untuk mengetahui respon siswa dan respon guru dalam menggunakan rancangan pengembangan pembelajaran dan analisis perangkat pembelajaran bertujuan untuk mengetahui uji ahli media dan ahli materi mengenai produk yang dihasilkan. Dari penelitian hasil validitas produk yang meliputi ahli media ahli materi respon guru dan respon siswa menunjukkan bahwa pengembangan model flipped classroom melalui media youtube yaitu ahli media mendapatkan persentase sebesar 87 5% dan ahli materi mendapatkan persentase sebesar 80% dengan kriteria valid dan dapat digunakan pada tahap selanjutnya. Pada tahap selanjutnya produk pengembangan model flipped classroom melalui media youtube di uji coba pada lapangan dengan melibatkan respon guru dan respon siswa. hasil validitas produk di lapangan menunjukkan bahwa persentase respon guru sebesar 85% dan persentase respon siswa sebesar 84 53% hasil penilaian tersebut jika dikonversikan kualifikasi kepraktisan dan kemenarikan maka dinyatakan praktis dan dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/260361 |
Actions (login required)
View Item |