Daniswara, Jasmine Azalia (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Menggunakan Quizizz Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran tatap muka yang terbatas membuat guru harus melaksanakan pembelajaran hybrid. Beberapa kendala yang ditemui dalam proses pembelajaran adalah siswa yang menyontek saat penilaian, guru kewalahan dalam mengoreksi jawaban siswa, penerapan HOTS yang belum optimal, dan instrumen penilaian yang monoton. Berdasarkan fakta di atas, penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan instrumen penilaian dalam pembelajaran tematik di kelas 4 SD untuk mengetahui validitas dan kepraktisan instrumen penilaian. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil pengembangan berupa instrumen penilaian HOTS menggunakan Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki persentase validitas 82,00% “valid” menurut ahli penilaian dan 81,81% “valid” menurut ahli materi. Persentase kepraktisan instrumen penilaian adalah 96,00% “sangat praktis” menurut guru dan 94,28% “sangat praktis” menurut siswa. Analisis item menunjukkan bahwa 21 pertanyaan valid dan reliabel. Analisis tingkat kesukaran menunjukkan bahwa terdapat 32 butir soal “mudah” dan 8 butir soal “sedang”. Analisis daya diskriminatif menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki daya diskriminatif yang rendah. Analisis fungsi distraktor menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki pengecoh yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 08:34 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 08:34 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2601 |
Actions (login required)
View Item |