Adila, Safira Enny (2022) Pengaruh persepsi peserta didik atas kompetensi profesional dan pedagogik guru dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik di SMKN 1 Sambeng Kabupaten Lamongan / Safira Enny Adila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan seiring dengan diterapkannya sistem pembelajaran daring secara serentak di Indonesia akibat pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan sistem daring tidak luput dari berbagai permasalahan yang akhirnya berdampak pada hasil belajar peserta didik. Untuk itu diperlukan andil guru dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran daring. Guru merupakan individu yang berperan penting dalam pembelajaran dan dibekali dengan berbagai kompetensi yang mendukung dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar. Kompetensi guru yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran adalah kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik atas kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif eksplanatif dengan sampel peserta didik kelas X Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan di SMKN 1 Sambeng Kabupaten Lamongan sebanyak 62 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Peserta didik dipilih sebagai responden karena peserta didik dipandang sebagai pengamat dan subjek yang langsung berinteraksi serta merasakan manfaat dari kompetensi yang diterapkan guru dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik atas kompetensi profesional dan pedagogik guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Artinya dengan keyakinan peserta didik bahwa guru memiliki dan menerapkan kompetensi profesional dan pedagogik dalam pembelajaran daring akan meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sebaliknya. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang hanya menggunakan kuesioner dan subjek penelitian yang terbatas. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode campuran dalam pengumpulan data dan peningkatan lingkup penelitian yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259720 |
Actions (login required)
View Item |