Febriyanti, Devi (2022) Pengembangan E-UKBM berbasis problem based learning (PBL) materi bakteri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa Kelas X SMAN 10 Malang / Devi Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran abad ke-21 diantaranya adalah keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Untuk dapat memberdayakannya siswa perlu difasilitasi adanya bahan ajar inovatif serta model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-UKBM berbasis Problem Based Learning pada materi Bakteri yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 36 siswa kelas X MIPA 1 SMAN 10 Malang. Berdasarkan hasil validasi E-UKBM dinyatakan valid oleh ahli materi (95 83%) ahli media (98 84%) dan praktisi pendidikan (97 04%). Hasil kepraktisan pada uji coba perorangan dan skala kecil yakni 84 54% dan 85 67% yang berarti E-UKBM dinyatakan praktis. Uji keefektifan dilakukan dengan mengimplementasikan E-UKBM dalam pembelajaran di kelas X MIPA 1 secara online dan offline. Dari hasil pretest dan posttest diperoleh rerata nilai N-gain score sebesar 0 57 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0 42 untuk keterampilan pemecahan masalah yang menunjukkan tingkat keefektifan sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa E-UKBM berbasis PBL pada materi Bakteri telah valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan demikian E-UKBM layak digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259310 |
Actions (login required)
View Item |