Pengembangan soal high order thinking skill (hots) berbasis game edukasi android untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA/MA pada materi dinamika partikel / Firdausi Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal high order thinking skill (hots) berbasis game edukasi android untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA/MA pada materi dinamika partikel / Firdausi Ramadhan

Ramadhan, Firdausi (2021) Pengembangan soal high order thinking skill (hots) berbasis game edukasi android untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA/MA pada materi dinamika partikel / Firdausi Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelemahan siswa saat ini yakni belum mampu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kelemahan ini dapat diatasi dengan diterapkannya media pembelajaran yang membantu siswa dalam menganalisis dan mengevaluasi pada pokok bahasan Dinamika Partikel atau Hukum Newton. Salah satu media yang digunakan yakni latihan soal-soal HOTS dimulai dari tingkatan sebelum HOTS hingga ke tingkat mengevaluasi sehingga siswa lebih terlatih dan tertanam konsep-konsep sederhana hingga ke yang tahap lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal HOTS bertingkat yakni tingkat Easy (C1 C2 C3) Medium (C4) dan Expert (C5) yang dikemas dalam operasi android. Hal ini bertujuan selain memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran juga untuk menarik minat siswa dalam melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Produk yang dikembangkan telah diuji beberapa tahap validasi yakni validasi oleh validator ahli dan telah diujikan secara empirik pada siswa SMA yang telah menempuh materi Dinamika Partikel. Model penelitian dan pengembangan produk ini menggunakan metode ADDIE (Analysis Design Development and Implementation Evaluation). Jenis data yang diperoleh yakni kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan produk ini yakni menggunakan angket validasi dan angket keterbacaaan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dari persentase angket yang didapat. Sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif diperoleh nilai rata-rata 87 5% pada uji validasi konten dan 91 75% untuk uji validasi konstruk. Berdasarkan hasil tersebut produk yang dikembangkan sudah dapat dikatakan valid dengan revisi sesuai kritik dan saran oleh validator ahli. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan soal HOTS berbasis android pada materi Dinamika partikel ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatih dan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259037

Actions (login required)

View Item View Item