Pengembangan tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE pada materi momentum dan impuls / Rizka Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE pada materi momentum dan impuls / Rizka Prastiwi

Prastiwi, Rizka (2021) Pengembangan tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE pada materi momentum dan impuls / Rizka Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D (define design develop dan disseminate) yang diterapkan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Produk akhir pengembangan berupa tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE pada materi momentum dan impuls yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda yang mencakup 5 indikator. Hasil validasi oleh dosen ahli dan guru fisika menujukkan persentase skor validasi sebesar 93 1% dan termasuk dalam kategori sangat layak serta hasil validasi media yang dilakukan oleh 2 guru mata pelajaran komputer menunjukkan persentase skor validasi sebesar 87 5% sehingga dinyatakan sangat layak. Reliabilitas Alpha Cronbach butir soal sebesar 0 79 dengan kategori reliabilitas tinggi. Hasil tingkat kesukaran diperoleh dua butir soal kategori sedang dan 13 butir soal tergolong sulit. Daya pembeda diperoleh hasil 5 soal dengan kategori jelek 4 soal dengan kategori cukup serta 6 soal dengan kategori baik. Berdasarkan hasil angket respon tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE seluruh aspek penilaian mencapai lebih dari 70% hal ini menunjukkan bahwa tes diagnostik miskonsepsi format four-tier berbantuan MOODLE layak untuk digunakan. Persentase rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi terbanyak pada konsep hukum kekekalan momentum sebanyak 29 17% sedangkan pada konsep momentum persentase siswa yang mengalami miskonsepsi merupakan yang paling sedikit dengan persentase 14 12%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258980

Actions (login required)

View Item View Item