Hubungan kemampuan numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas v SDN Sawojajar 05 Malang / Retno Waras Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas v SDN Sawojajar 05 Malang / Retno Waras Wulan

Wulan, Retno Waras (2022) Hubungan kemampuan numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas v SDN Sawojajar 05 Malang / Retno Waras Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mempelajari matematika sejak dini bertujuan melatih seseorang agar dapat menerapkan matematika untuk memecahkan masalah pada kehidupan sehari-harinya. Ketika mengambil sebuah keputusan siswa juga dituntut memiliki kecakapan numerasi serta kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada jenjang SD terutama kelas V siswa mendapat beberapa materi dalam pembelajaran matematika salah satunya pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis hubungan kemampuan numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas V SDN Sawojajar 05 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan numerasi siswa kelas V memperoleh rata-rata 60 50 dengan nilai minimal 25 median 60 maksimal 95 dan standar deviasi 14 115. Pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V memperoleh rata-rata 45 dengan nilai minimal 0 median 40 maksimal 100 dan standar deviasi 25 833. Uji hipotesis yang digunakan korelasi spearman rank order dengan hasil signifikansi pada (2-tailed) sebesar 0 000 yang artinya terdapat hubungan secara signifikan antara kemampuan numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan kelas V SDN Sawojajar 05 Malang. Nilai r (koefisien korelasi) adalah 0 499 yang menunjukkan hubungan kedua variabel sedang. Dapat disimpulkan bahwa apabila kemampuan numerasi siswa meningkat maka kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257596

Actions (login required)

View Item View Item